Retno Marsudi Harapkan Duta Muda Cerminkan SDM Unggul Indonesia di ASEAN

0
5
Retno Marsudi Harapkan Duta Muda Cerminkan SDM Unggul Indonesia di ASEAN
Retno Marsudi Harapkan Duta Muda Cerminkan SDM Unggul Indonesia di ASEAN
Jakarta, NAWACITA– Menteri Luar Negeri, Retno Marsudi, berharap agar duta muda dapat menjadi wajah dan suara bagi Indonesia di ASEAN yang mencerminkan sumber daya manusia Tanah Air yang unggul, terutama mewakili generasi muda.

“Duta Muda ASEAN Indonesia adalah wajah Indonesia di hadapan para pemuda ASEAN. Tunjukkan wajah pemuda Indonesia yang cerdas, kritis, namun tetap konstruktif,” kata dia, dalam acara Malam Final Pemilihan Duta Muda ASEAN Indonesia 2019 di Jakarta, Senin malam.

Kementerian Luar Negeri menyelenggarakan pemilihan Duta Muda ASEAN Indonesia untuk keempat kalinya pada 2019 ini. Tiga orang pemenang telah dipilih dari 20 finalis yang telah lolos seleksi. Mereka adalah M Iqbal Darmawan mewakili Provinsi Jawa Timur di posisi pertama, Jeanne Sanjaya mewakili Provinsi DKI Jakarta di posisi kedua, dan Lukas Norman Kbarek mewakili Provinsi Papua berhasil lolos di posisi ketiga.

Baca juga: AS Siap Hancurkan Ekonomi Turki Jika Pihaknya Terus Lakukan Serangan

Marsudi berharap agar para wakil generasi muda Indonesia di ASEAN ini juga dapat menjadi duta perdamaian dan menjaga serta menyebarkan dialog kerja sama dan nilai-nilai saling menghormati. Mereka didorong untuk menggunakan teknologi dan media sosial, yang begitu dekat dengan generasi muda, untuk menyebarkan paham toleransi dan perdamaian.

Selama dua tahun ke depan para duta muda akan bekerja sama dengan Kementerian Luar Negeri dan dilibatkan dalam kegiatan-kegiatan ASEAN.

Dalam kurun waktu dua tahun tersebut, Retno juga berharap para duta muda dapat mempromosikan identitas ASEAN di Indonesia.

“ASEAN yang saat ini berusia 52 tahun telah memberi kontribusi signifikan untuk stabilitas dan perdamaian di Asia Tenggara,” ucapnya. Oleh karena itu, dia mendorong Duta Muda ASEAN Indonesia untuk mendekatkan ASEAN ke masyarakat Indonesia agar peluang yang telah tercipta dapat dimanfaatkan bersama.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here