Presiden XI Jinping Mendarat di India di Tengah Protes Tibet

0
6
Presiden XI Jinping Mendarat di India di Tengah Protes Tibet
Presiden XI Jinping Mendarat di India di Tengah Protes Tibet
Mamallapuram, India, NAWACITA – Presiden China Xi Jinping tiba di India selatan pada hari Jumat untuk mengadakan pembicaraan dengan Perdana Menteri India Narendra Modi dalam upaya menghentikan penurunan hubungan atas wilayah Himalaya Kashmir yang disengketakan di tengah-tengah protes anti-China yang tersebar dari kelompok-kelompok Tibet.

China dan sekutu segala cuaca Pakistan, telah marah dengan keputusan India dua bulan lalu karena mencabut status khusus dari bagian Kashmir yang dikendalikannya, yang disertai dengan tindakan keras terhadap perbedaan pendapat.

Dalam upaya untuk memperketat cengkeramannya pada Jammu dan Kashmir, yang sebagian diklaim oleh Pakistan dan China, India, pada awal Agustus, mencabut ketentuan konstitusional yang memungkinkan satu-satunya negara mayoritas Muslim di negara itu untuk membuat undang-undang sendiri.

Baca juga: Tersangka Ditangkap Dalam Penikaman di Inggris

Modi dan Xi akan bergerak maju pada serangkaian langkah-langkah membangun kepercayaan selama KTT informal di Mamallapuram, tidak jauh dari Chennai, kata sumber India yang diberi pengarahan pada diskusi.

Perbatasan itu sebagian besar damai, tetapi kadang-kadang terjadi perselisihan antara tentara dari dua raksasa Asia. Langkah-langkah di atas meja mencakup lebih banyak perdagangan perbatasan, pariwisata dan bahkan patroli militer bersama untuk meningkatkan kepercayaan, kata sumber itu.

Ekonomi China hampir lima kali lebih besar dari India dan pembelanjaan pertahanan tahunannya empat kali lebih besar, tulisnya dalam kolom di Indian Express.

“Ketidakseimbangan kekuatan ini diterjemahkan menjadi fakta yang tidak menyenangkan di bidang diplomatik – bahwa China tidak di bawah tekanan untuk menyenangkan India,” kata Mohan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here