Menyusul Status Pencabutan Otonomi Khusus untuk Khasmir, Pakistan Usir Dubes India

1
160

Islamabad, NAWACITA – Menyusul pencabutan status otonomi untuk wilayah Kashmir yang dilakukan India, Pakistan telah menurunkan hubungan diplomatik dengan India dan mengusir duta besar India di Islamabad.

Pemerintah India telah menutup komunikasi dengan wilayah Kashmir, yang sebagian besar penduduknya beragama Islam.

Parlemen India sudah menyetujui pencabutan status otonomi khusus untuk Kashmir yang mendapat dukungan besar dari anggota parlemen yang sebagian besar dikuasai partai beraliran Hindu nasionalis BJP.

Jaringan komunikasi ke Kashmir, baik internet, ponsel, maupun jaringan telepon biasa sudah ditutup oleh pemerintah India.

Ribuan tentara India juga sudah dikerahkan ke daerah tersebut karena keputusan parlemen mengenai Kashmir tersebut dikhawatirkan akan menciptakan kerusuhan.

Perbatasan antara wilayah Kashmir yang dikuasai oleh India dan Pakistan yang dijaga ketat ketat oleh tentara dari kedua negara. (Reuters: Mukesh Gupta)

Selain membicarakan langkah diplomatik, rapat di parlemen Pakistan juga memutuskan untuk mengecam tindakan yang dilakukan Perdana Menteri India Narendra Modi terhadap Kashmir.

Menteri Luar Negeri Pakistan, Shah Mahmood Qureshi menyatakan kekhawatirannya akan ‘pembasmian etnis dan genosida’ yang dilakukan India di Kashmir.

“Insha Allah, pada satu hari nanti Kashmir akan menjadi bagian dari wilayah Pakistan,” katanya.

Comments are closed.