Diduga ada Serangan Siber, 5 Negara Amerika Latin Alami Listrik Padam

0
112

Buenos Aires, NAWACITA – Ternyata, pemadaman listrik tidak hanya terjadi di Indonesia. 5 Negara di Amerika Latin mengalami juga hal yang sama di beberapa kota. Presiden Argentina, Mauricio Macri, mengatakan pemerintah sedang menginvestigasi insiden ini, yang dimulai dengan masalah yang tidak terdeteksi dan menyebabkan listrik padam di Argentina, Uruguay, Brasil, Chile dan Paraguay, 6/8/2019.

Carlos Garcia Pereira, yang merupakan kepala Transener, yaitu operator listrik terbesar di Argentina, mengatakan ada isu teknis atau kelembaban yang memicu padamnya listrik.

Sementara, Pemerintah Argentina menduga ada kemungkinan terjadinya serangan siber atau peretasan sebagai penyebab listrik padam di sejumlah kota di lima negara di Amerika Latin pada sore tadi. Menteri Energi Argentina, Gustavo Lopetegui, mengatakan hipotesis serangan siber yang mengakibatkan listrik padam tidak bisa dikesampingkan.

“Pagi ini sebuah masalah dalam sistem transmisi di tepi pantai menyebabkan padamnya listrik di seluruh negara. Penyebab ini belum bisa kami ketahui,” kata dia.

Insiden Pemadaman lampu yang meliputi Provinsi Jawa Barat dua hari terakhir ini,  menimbulkan dugaan adanya peretasan terhadap sistem transmisi milik PLN. Analis keamanan dan intelijen dari Universitas Indonesia atau UI, Ridlwan Habib mengatakan PLN perlu bekerja sama dengan Badan Siber dan Sandi Negara untuk menginvestigasi penyebab listrik padam ini sebagaimana dikutip dari kompascom.

“Mereka punya perangkat deteksi berbagai macam aplikasi, software untuk mendeteksi bridge semacam itu. Supaya tidak terulang lagi sekaligus mencari tahu kemarin itu karena apa,” kata Ridlwan kepada Tempo hari ini, Senin, 5 Agustus 2019, soal listrik padam itu.