Direktur Penerbangan Pertama NASA, Chris Kraft, Meninggal Dunia

2
59

Houston, NAWACITA- Direktur penerbangan pertama Badan Antariksa AS (NASA), Chris Kraft, meninggal dunia di umurnya yang ke-95 tahun di Houston, Amerika Serikat, pada Senin (22/7) waktu setempat. Kraft meninggal dua hari setelah NASA merayakan 50 tahun pendaratan Apollo 11 di Bulan.

“Amerika benar-benar kehilangan harta nasional hari ini dengan meninggalnya direktur penerbangan Chris Kraft, salah satu perintis awal NASA,” kata Administrator NASA, Jim Bridenstine, dalam sebuah pernyataan yang dikutip CNN.

“Kami turut berbelasungkawa yang sedalam-dalamnya kepada keluarga Kraft. Ia (Kraft) adalah salah satu anggota tim inti yang membantu bangsa kami menempatkan manusia di luar angkasa dan di Bulan,” tambah Bridenstine.

Dilansir CNN, Kraft bergabung dengan Kelompok Tugas Luar Angkasa Badan Antariksa AS (NASA Space Task Group) itu pada November 1958 sebagai direktur penerbangan pertama NASA.

Selama perjalanannya, Kraft telah bekerja untuk beberapa momen paling ikonik dalam sejarah luar angkasa AS, termasuk program manusia mengorbit Bumi untuk pertama kalinya. Sosok Kraft juga dikenal sebagai pelopor yang menciptakan konsep Kontrol Misi NASA.

“Setelah membandingkan pekerjaan kompleksnya sebagai direktur penerbangan dengan konduktor, Kraft berkata, ‘Konduktor tidak dapat memainkan semua alat musik – dia bahkan mungkin tidak dapat memainkan satu pun alat musik. Tapi, dia tahu kapan biola pertama harus bermain, dan dia tahu kapan sangkakala harus keras atau lembut, dan kapan drummer harus bermain drum. Dia mencampuradukkan semua ini dan keluarnya musik. Itulah yang kami lakukan di sini’,” kata Bridenstine.

Selama misi program ruang angkasa Apollo, Kraft merupakan direktur operasi misi, dan sebagai sosok yang mengarahkan astronot Ed White untuk kembali ke dalam kapsul Gemini 4 selama perjalanan luar angkasa pertama oleh orang Amerika Serikat. Sepanjang waktunya di NASA, ia memegang beberapa posisi kepemimpinan dan akhirnya pensiun sebagai direktur pusat pada tahun 1982.

Christopher C. Kraft Jr. lahir pada 28 Februari 1924, di Phoebus, Virgina, sekarang bagian dari kota Hampton, Amerika Serikat. Di bangku kuliah, Kraft mengambil jurusan teknik penerbangan dan lulus pada tahun 1944.

Sejak pensiun dari NASA, Kraft kerap menjadi konsultan di beberapa perusahaan termasuk IBM dan menerbitkan otobiografinya, buku terlaris versi New York Times, yang berjudul “Flight: My Life in Mission Control.” Selain itu, Kraft juga menerima banyak penghargaan untuk karyanya, termasuk sebuah medali Kepemimpinan Luar Biasa dan empat Medali Layanan Istimewa dari NASA.

Sebagai bentuk penghormatan, pada tahun 2011 NASA menamai Building 30 Mission Control Center di Johnson Space Center yang pernah jadi tempat Kraft dengan nama “Christopher C. Kraft, Jr., Mission Control Center.” (dilansir dari kumparancom)

“Kami berdiri di pundaknya saat kami menjangkau lebih dalam ke tata surya, dan dia akan selalu bersama kami dalam perjalanan itu,” kata Bridenstine.