Gempa 7,1 SR, Guncang California Selatan

10
207

Los Angeles, NAWACITA- Gempa besar mengguncang wilayah California Selatan, Amerika Serikat, selama dua hari berturut-turut.

Setelah gempa berkekuatan 6,4 yang mengejutkan pada Kamis (4/7), guncangan kembali terasa bahkan lebih kuat pada Jumat (5/7) malam sekitar pukul 20.19 waktu setempat.

Tercatat gempa pada Jumat mencapai magnitudo 7,1 dan menjadi gempa terbesar yang dirasakan di wilayah California Selatan sejak dua dekade terakhir.

Petugas dari layanan darurat dan pasukan keamanan telah dikirim pada Sabtu (6/7/) pagi ke pusat gempa dangkal di daerah terpencil dan berpenduduk jarak di sekitar 240 kilometer arah timur laut Los Angeles, di mana getaran juga terasa.

Tidak ada laporan mengenai korban jiwa maupun cedera serius, hingga Jumat malam. Namun pihak kantor layanan darurat California menerima laporan gedung runtuh dan listrik pada di kota Trona.

“Ada laporan yang signifikan tentang kebakaran yang disebabkan kebocoran gas, serta terputusnya aliran listrik, air, dan komunikasi di kawasan itu,” kaya direktur kantor layanan darurat California, Mark Ghilarducci, dikutip AFP.

Sementara disampaikan Gubernur California, Gavin Newsom, pihaknya telah meminta bantuan darurat federal dari Gedung Putih dan sumber daya negara telah diakfifkan pada level tertinggi untuk membantu para korban.

Gubernur kemudian menyatakan keadaan darurat untuk San Bernardino County, memperluas pengumuman sebelumnya yang mencakup Kern County, dekat pusat gempa kedua.

Mayor Jenderal David Baldwin dari Garda Nasional menyampaikan telah mengerahkan satuan tugas bersama dengan 200 personel keamanan serta helikopter dan pesawat kargo ke lokasi bencana.

Sementara juru bicara departemen pemadam kebakaran San Bernardino, Jeremy Kern menyampaikan kepada CNN, belum ada pencarian aktif yang sedang berlangsung untuk dugaan korban terperangkap.

Seismolog dari Caltech, Lucy Jones mengungkapkan dua gempa besar yang terjadi di California Selatan dalam dua hari terakhir adalah saling berkaitan.

Pihaknya juga mendesak warga untuk meningkatkan kewaspadaan karena adanya kemungkinan kecil kembali terjadi getaran kuat di sepanjang Patahan San Andreas yang berpotensi menghancurkan.

“Ini adalah urutan gempa. Gempa-gempa ini saling terkait,” ujar Jones.

“Ada peluang sebesar 10 persen dari gempa pada Jumat akan diikuti oleh gempa berkekuatan skala 7,0 atau lebih pada pekan berikutnya,” tambahnya.

Gempa besar yang dirasakan di California Selatan sebelumnya terakhir terjadi pada 1999, yakni ketika gempa berkekuatan 7,1 melanda pangkalan Korps 29 Palms.

 

Comments are closed.