Erdogan: Kami Yakin Tidak di Jatuhi Sanksi Oleh Amerika

15
172

Osaka, NAWACITA- Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan mengaku yakin tak akan dijatuhi sanski oleh Amerika Serikat (AS), merujuk pada keputusannya untuk membeli rudal S-400 buatan Rusia. Hal itu dia sampaikan di sela-sela KTT G-20 di Osaka, Jepang.

“Kami mendengar darinya (Donald Trump) bahwa tidak akan ada yang seperti ini (sanksi),” kata Erdogan, dalam konferensi pers di Osaka, setelah pertemuan dengan Trump di sela-sela KTT G-20, seperti dilaporkan AFP.(29/6).

Erdogan bersikeras bahwa Turki dan AS adalah “mitra strategis”. Namun dia juga mengatakan, “Tidak ada yang memiliki kekuatan untuk campur tangan dalam kedaulatan Turki.”

Terlepas dari kekhawatiran dan ancaman AS atas keputusan Turki membeli sistem pertahanan rudal S-400 Rusia, Erdogan menegaskan kembali bahwa pembelian itu merupakan “kesepakatan”.

Erdogan mengatakan S-400 diharapkan akan dikirim pada paruh pertama Juli.

Dia juga menyebut Turki sebelumnya mengadakan pembicaraan dengan pemerintahan mantan presiden Barack Obama untuk sistem Patriot yang serupa, namun Kongres AS menolak kesepakatan itu.

AS juga telah mengancam membatalkan kesepakatan program jet tempur F-35 dengan Turki, dan mengultimatum agar Turki membatalkan perjanjian S-400 pada 31 Juli. Jika tidak, AS akan membatalkan pelatihan pesawat perang dengan pilot Turki.

 

Comments are closed.