Tak Ada Listrik di Rumah, Bocah Ini Kerjakan PR di Bawah Lampu Jalanan

13
166

Lima,NAWACITA – Sebuah rekaman kamera CCTV di kota Moche, Peru memperlihatkan sosok pantang menyerah di tengah keterbatasan. Dalam rekaman CCTV itu terlihat seorang anak laki-laki, yang kemudian diketahui bernama Victor Martin Angulo Cordoba sedang duduk di trotoar tepat di bawah lampu penerangan jalan. Akhir bulan lalu, kepolisian Moche, lewat kamrea CCTV, melihat Victor duduk di trotoar sendirian di malam hari dan hal ini membuat para polisi itu curiga.

Polisi yang bertugas lalu memperbesar gambar di layar dan mereka menyadari Victor tengah membaca dan menulis sesuatu di bukunya. Nampak jelas, bocah itu memanfaatkan terangnya lampu jalanan yang menyala tepat di atas kepalanya. Tersentuh dengan dedikasi Victor dalam belajar, kepolisian kemudian mengunggah rekaman CCTV itu ke akun Facebook resminya dan video itu langsung viral. Media lokal kemudian berhasil melacak keberadaan Victor dan mengunjungi kediamannya untuk mencari tahu alasan bocah itu belajar di jalanan. Ternyata, keluarga Victor amat miskin sehingga tak bisa membayar pemasangan listrik di kediaman mereka. Sehingga, keluarga Victor hanya mengandalkan lilin sebagai penerangan di malam hari.

Sayangnya, kondisi ini membuat Victor sulit mengerjakan pekerjaan rumah yang didapat dari sekolah. “Satu hari putra saya mengatakan dia sudah bosan dengan¬† lilin dan memilih pergi ke luar rumah untuk mengerjakan PR,” kata Rosa Angulo Cordoba, ibu Victor, kepada Panamericana TV. Rosa menambahkan, Victor sering mengeluh sakit di bagian leher karena harus memiringkan kepalanya saat mengerjakan PR di malam hari agar tak menghalangi sinar lilin. Rosa menambahkan, meski Victor setiap hari masih membantu pekerjaan orangtuanya seperti menggembalakan domba, tetapi siswa kelas enam itu masih bisa mendapatkan nilai yang baik di sekolah.

Setelah menjadi viral, kisah Victor menjadi perhatian media. Bahkan, wali kota Moche mengujungi kediaman Victor. Sang wali kota memuji semangat Victor yang masih giat belajar meski rumahnya tak dialiri listrik.

Pak wali kota pun berjanji untuk menyediakan listrik di kediaman Victor sehingga dia tak perlu belajar di jalanan lagi. “Saya berharap mereka (pemerintah) bisa membantu sehingga rumah kami bisa diterangi listrik dan saya tak perlu belajar di luar rumah,” kata Victor. “Saya ingin membantu keluarga dan membahagiakan mereka. Saya ingin menjadi polisi dan menghentikan korupsi,” tambah dia.

Comments are closed.