Pemerintahan Prancis Berencana Mengganti Nama Tugu Diana Frances

2
154
Diana, Princess of Wales, looks over her shoulder and smiles during banquet for Japanese Emperor Akihito in Tokyo November 12, 1990. REUTERS/Kimimasa Mayama (JAPAN) BEST QUALITY AVAILABLE

Paris, NAWACITA- Pemerintah kota Paris telah mengumumkan rencana untuk mengganti nama sebuah tugu peringatan di lokasi kecelakaan yang menewaskan Putri Diana 22 tahun silam. Situs itu bakal dibangun di Terowongan Alma di mana Diana, Dodi Fayed yang disebut sebagai kekasihnya, dan sopir mereka terlibat kecelakaan pada 31 Agustus 1997.

Dilansir Sky News Kamis (30/5/2019), di depan terowongan itu terdapat memorial bernama Api Kemerdekaan, replika dari obor Patung Liberty yang diberikan AS ke Paris pada 1989.

Namun monumen itu kemudian dijadikan lokasi peringatan tidak resmi di mana peziara sering meletakkan bunga karena lokasinya yang menghadap terowongan. Situs itu kini dinamai sesuai dengan penyanyi opera Paris Maria Callas, yang juga mempunyai kediaman bernama Rue Maria di sekitar Paris sesuai dengan namanya.

Sumber dari pemerintahan ibu kota Perancis itu mengungkapkan, mereka bakal melakukan jajak pendapat Juni mendatang untuk menentukan penggantian nama itu. Mantan istri Pangeran Charles itu dikenal sebagai sosok yang begitu aktif di pekerjaan kemanusiaan, dan mendapat julukan sebagai “putri semua rakyat”.

Perempuan dengan nama kecil Diana Frances Spencer itu tewas di usia 36 tahun ketika mobilnya menabrak tiang konkret di terowongan ketika menghindari kejaran paparazzi. Upacara pemakamannya di Inggris disaksikan oleh 32 juta orang di seluruh dunia, menjadikan pemakaman Putri Diana sebagai acara yang paling banyak dilihat dalam sejarah televisi setempat.

Comments are closed.