SERANG, NawacitaPost.com Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Banten melalui Divisi Pemasyarakatan melakukan Evaluasi Rehabilitasi dan Pascarehabilitasi Semester I Tahun 2022 yang dilakukan secara virtual melalui aplikasi zoom meeting dan diikuti oleh Unit Pelaksana Teknis Pemasyarakatan Penyelenggara Layanan Rehabilitasi dan Pascarehabilitasi Se-Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Banten, Selasa (05/07/2022).

Kegiatan dibuka oleh Kepala Bidang Pelayanan Tahanan Perawatan Kesehatan dan Rehabilitasi. Lola Basan Baran dan Keamanan, Achmat Muchlisin, yang dilanjutkan dengan pemaparan terkait dengan hasil dari Laporan Evaluasi Kegiatan Rehabilitasi yang disampaikan oleh Kepala Subbidang Pelayanan Tahanan, Perawatan Kesehatan dan Rehabilitasi, Hannibal.

Jajaran Unit pelaksana Teknis turut menyampaikan kendala yang dihadapi dalam proses pelaksanaan rehabilitasi, salah satu contohnya adalah masih terdapat keterbatasan blok hunian khusus rehabilitasi di masing-masing UPT. Selain itu pada Lapas Kelas IIA Serang dalam RKAKL nya belum tersedia sub-sub yang menjelaskan tentang uang harian konselor dan transport konselor sehingga mengakibatkan adanya kendala penyerapan anggaran.

Pada Bapas Kelas I Tangerang pascarehabilitasi belum dilaksanakan sampai dengan saat ini dan baru akan dilaksanakan September 2022. Sebagai informasi bahwa Standard Layanan Rehabilitasi Pemasyaraakatan untuk per-kegiatan Pascarehabilitasi waktu pelaksanaannya adalah 6 bulan.

Esensi rehabilitasi dinyatakan berhasil apabila meliputi 3 hal esensi antara lain memulihkan kesehatan, meningkatkan aktualisasi diri dengan baik, mencapai produktivitas tinggi ketika melaksanakan rehabilitasi. (Humas Kanwil Banten)

Baca juga :  Perancang Peraturan Perundangan Kumham Banten Bahas Raperwal Tangsel tentang Penyelenggaraan Sertifikat Elektronik