SERANG, NawacitaPost.com Tingginya permohonan Kewarganegaraan dan Pewarganegaran Republik Indonesia menjadi landasan utama Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Banten menggelar Diseminasi Layanan Kewarganegaraan dan Pewarganegaraan Republik Indonesia bertempat di Hotel Forbis, Jum’at. (24/06).

Berdasarkan Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2006 tentang Kewarganegaraan Republik Indonesia, disebutkan bahwa Warga Negara Indonesia adalah orang-orang bangsa Indonesia asli dan orang-orang bangsa lain yang disahkan dengan undang-undang sebagai warga negara.

“Dengan diseminasi ini diharapkan dapat meningkatkan pemahaman kepada para aparatur pemerintah daerah, akademisi, mahasiswa terkait Alur Permohonan Kewarganegaraan dan Pewarganegaraan Republik Indonesia. Sehingga nantinya pelayanan kepada WNA yang akan mengajukan permohonan pewarganegaraan mendapatkan pelayanan yang prima.” ujar Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM Andi Taletting Langi.

Indonesia mempunyai fenomena baru belakangan ini banyak sekali warga negara asing yang mengakukan permohonan Kewarganegaraan dan Pewarganegaraan Republik Indonesia. “Fenomena meningkatnya permohonan WNA untuk menjadi WNI ini banyak disebabkan oleh beberapa faktor, salah satunya para WNA ini meyakini bila menjadi seorang WNI mereka bisa mendapatkan kesejahteraan dan kebahagian. Maka dari itu perlu ditingkatkan lagi pemahaman tentang Kewarganegaraan dan Pewarganegaraan.” ucap Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Banten Tejo Harwanto.

Kegiatan ini dihadiri oleh Kepala Divisi Administasi (Sri Yusfini Yusuf), Plt. Kabid Pelayanan Hukum, (Rahadyanto), serta para peserta yang terdiri dari unsur akademisi, Dinas Dukcapil dari Kota Cilegon, Kota Serang dan Kabupaten Serang, serta para mahasiswa dari Untirta dan Unsera. Diseminasi menghadirkan narasumber, yakni Analis Hukum Madya Direktorat Tata Negara Ditjen AHU (Budi Sri Haryanto) dan Dekan Fakultas Hukum Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, (Agus Prihartono). (Humas Kanwil Banten)

Baca juga :  Kontrol Dapur Lapas, Seksi Keperawatan Lapas Kelas IIB Panyabungan Kanwil Kemenkumham Sumut Pastikan Kebersihan Dapur dan Peralatan Masak