SERANG, NawacitaPost.com –  Warga negara merupakan salah satu unsur hakiki dan unsur pokok suatu negara. Status kewarganegaraan menimbulkan hubungan timbal balik antara warga negara dan negaranya. Setiap warga negara mempunyai hak dan kewajiban terhadap negaranya, sebaliknya negara juga mempunyai kewajiban memberikan perlindungan terhadap warga negaranya.

Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2006 tentang Kewarganegaraan Republik Indonesia menyatakan bahwa Warga Negara Indonesia adalah orang-orang bangsa Indonesia asli dan orang-orang bangsa lain yang disahkan dengan undang-undang sebagai warga negara.

“Dalam Undang-undang Nomor 12 Tahun 2006 dijelaskan bahwa Indonesia menganut dua asas dalam hukum dan pemerintahan, yang pertama asas non diskriminatif yaitu tidak membedakan perlakuan dalam segala hal serta yang kedua asas persamaan yaitu bahwa setiap Warga Negara Indonesia mendapatkan perlakuan yang sama di dalam hukum dan pemerintahan.” ujar Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Banten Tejo Harwanto.

Pada kesempatan ini Tejo Harwanto juga menyampaikan bahwa Kementerian Hukum dan HAM melalui Direktorat Jenderal Administrasi Hukum Umum memberikan pelayanan atas permohonan untuk menjadi Warga Negara Republik Indonesia.

“Layanan yang kita layani di Kemenkumham terkait permohonan untuk menjadi WNI yaitu, Pewarganegaraan Republik Indonesia (naturalisasi), Penyampaian pernyataan menjadi Warga Negara Indonesia dari warga negara asing (WNA) karena perkawinannya dengan Warga Negara Indonesia (WNI), Pernyataan memilih kewarganegaraan bagi anak yang memiliki kewarganegaraan ganda, dan Penyelesaian status Kewarganegaraan Republik Indonesia bagi pemukim yang sudah turun temurun bertempat tinggal di Indonesia tanpa kewarganegaraan.” imbuh Tejo.

Tejo Harwanto berharap dengan adanya diseminasi ini dapat meningkatkan pemahaman mengenai tata cara dan syarat perwarganegaraan. “Saya berharap kepada pemerintah daerah dengan adanya penambahan pemahaman dari diseminasi ini dapat meningkatkan pelayanan kepada masyarakat terkait data identitas untuk permohonan pewarganegaraan, dan memberikan pemahaman kepada para akademisi tentang kewarganegaraan dan alur permohonan pewarganegaraan.” tutup Tejo sekaligus membuka kegiatan.

Baca juga :  Kakanwil Kemenkumham Banten Terima Kunjungan CEO Regional Bank BJB Kantor Wilayah IV

Kegiatan ini dihari oleh Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM (Andi Taletting Langi), Kepala Divisi Administasi (Sri Yusfini Yusuf), Plt. Kabid Pelayanan Hukum, (Rahadyanto), serta para peserta yang terdiri dari unsur akademisi, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil serta mahasiswa. Diseminasi menghadirkan 2 orang narasumber, yakni Analis Hukum Madya Direktorat Tata Negara Ditjen AHU (Budi Sri Haryanto) dan Dekan Fakultas Hukum Univ. Sultan Ageng Tirtayasa, (Agus Prihartono). (Humas Kanwil Banten)