SERANG, NawacitaPost.com Untuk menjaga tetap terpeliharanya keamanan dan kepentingan nasional dari dampak negatif yang mungkin timbul akibat keberadaan dan kegiatan orang asing, dengan mengacu yang tertuang dalam Undang-undang Nomor 6 Tahun 2011 tentang Keimigrasian.

Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Banten (Kanwil Kemenkumham) melalui Divisi Keimigrasian Kanwil Kemenkumham Banten berinisiasi gelar Operasi Gabungan Pengawasan Orang Asing di wilayah Provinsi Banten, Kamis (23/6/2022).

Bertempat di Ruang Corporate University (CorpU) Kanwil Kemenkumham Banten, kegiatan yang dibuka oleh Kepala Divisi Keimigarasian, Ujo Sujoto menyampaikan bahwa kegiatan operasi gabungan ini merupakan menjalankan amanat yang tertuang dalam regulasi yang ada. Selain mengacu dari Undang-undang keimigrasian, kegiatan ini juga sebagai implementasi dari terbentuknya Tim Pengawasan Orang Asing (Timpora).

“Sesuai Permenkumham Nomor 50 tahun 2016 Pasal 1 ayat 2, timpora adalah tim yang terdiri dari instansi dan/atau lembaga pemerintah yang mempunyai tugas dan fungsi terkait dengan keberadaan dan kegiatan Orang Asing”, jelas Ujo.

Lanjut Ujo, fokus utama operasi gabungan kali ini yaitu pendataan dan pengawasan terkait keberadaan dan kegiatan orang asing yang bekerja di perusahaan tersebut serta memastikan aktivitas sesuai dengan izin tinggal yang dimiliki. Rencananya, operasi ini akan dilakukan pada perusahaan yang terletak di daerah kawasan industri krakatau, Cilegon.

“Operasi gabungan pengawasan orang asing oleh Timpora Provinsi Banten ini merupakan bentuk sinergitas yang baik antar instansi dalam mengawasi keberadaan dan kegiatan orang asing demi tegaknya kedaulatan negara dari ancaman yang mengganggu keamanan dan ketertiban negara”, katanya.

Ia juga meminta Timpora untuk tetap bertindak secara humanis dan profesional saat menjalankan tugas. Kegiatan ini merupakan salah satu cara memperkuat sinergitas antar instansi dengan bekerja sama dalam melakukan pengawasan hadirnya orang asing khususnya di wilayah Banten.

Baca juga :  Kepala BNPT dan Asops Kapolri Sepakat Operasi di Papua bukan Operasi Militer

Diketahui, kegiatan ini dihadiri juga oleh Kabid Intelijen dan Penindakan Keimigrasian, Kasubbid Penindakan Keimigrasian, Kasubbid Intelijen Keimigrasian, Plt. Kepala Kanim Tangerang, Plt. Kanim Serang, perwakilan dari Sekda Provinsi Banten, Kepolisian Daerah Banten, BIN Provinsi Banten, DJP Banten, Ditjen Bea Cukai Provinsi Banten, BNN Provinsi Banten, Disnaker dan Transmigrasi Provinsi Banten, Disdukcapil Provinsi Banten, dan Kejaksaan Tinggi Banten. (Humas Kanwil Banten)