Padang  – NAWACITAPOST –  Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sumatera Barat (Kanwil Kemenkumham Sumbar) berhasil meraih peringkat kedua IKPA Tertinggi Tahun Anggaran 2021 Lingkup KPPN Padang untuk Kategori Pagu Anggaran Kecil. Penghargaan diserahkan Kakanwil DJPb Sumbar Heru Pudyo Nugroho pada Kakanwil Kemenkumham Sumbar, R. Andika Dwi Prasetya pada acara Evaluasi dan Strategis Pelaksanaan Anggaran Lingkup Kerja KPPN Padang Tahun 2022, Selasa (25/1) di Aula KPPN Padang.

Pada acara yang mengusung tema “Pulih Bersama, Membangun Bersama, Indonesia Tangguh” ini, salah satu Unit Pelaksana Teknis (UPT) di lingkungan Kanwil Kemenkumham Sumbar, yakni Rumah Penyimpanan Benda Sitaan Negara (Rupbasan) Kelas I Padang juga berhasil meraih Peringkat I IKPA Tertinggi Tahun Anggaran 2021 Lingkup KPPN Padang untuk Kategori Pagu Anggaran Kecil. Kakanwil dan Ka-Rupbasan Padang, Kumbang Suanie menerima penghargaan dan berfoto bersama perwakilan instansi peraih Peringkat III, yakni Polda Sumatera Barat.

Indikator Kinerja Pelaksanaan Anggaran (IKPA) menjadi ukuran evaluasi kinerja pelaksanaan anggaran yang memuat 13 indikator dan mencerminkan aspek kesesuaian perencanaan dan pelaksanaan anggaran, kepatuhan pada regulasi, serta efektivitas dan efisiensi pelaksanaan kegiatan.

Kakanwil DJPb Sumbar Heru Pudyo Nugroho, mengingatkan satuan kerja untuk lebih fokus untuk meningkatkan IKPA, kaderisasi perbendaharaan juga perlu dilakukan masing-masing satker sehingga tidak menghambat pelaksanaan kinerja anggaran. Kemudian, komunikasi dan koordinasi juga diperlukan di masing-masing satker.

“Semoga penghargaan yang diperoleh bisa dipertahankan di tahun 2022”, harap Kakanwil DJPb Sumbar.

Selanjutnya, Kepala KPPN Padang Tisari Yona Geumila, memberikan paparan tentang Evaluasi dan Strategi Pelaksanaan Anggaran Tahun 2022, Kepala Perwakilan Kanwil DJP Sumbar Riau memaparkan tentang Kebijakan Perpajakan, dan ditutup oleh Paparan Perwakilan PT Taspen terkait Program Taspen.

Baca juga :  Dana Transfer  Tunai dari PT. BPRS Safir Bengkulu (DL) kepada Balai Harta Peninggalan Medan Kanwil Kemenkumham Sumut

Kakanwil, R. Andika Dwi Prasetya menyampaikan rasa syukur dan apresiasinya atas kinerja seluruh jajaran dalam pengelolaan keuangan negara sehingga Kanwil Kemenkumham Sumbar berhasil mendapat peringkat kedua dalam penilaian IKPA TA 2021.

“Penghargaan ini merupakan bentuk apresiasi dari KPPN atas kinerja baik Kanwil Kemenkumham Sumbar dalam pengelolaan keuangan negara. Terima kasih atas kinerja seluruh jajaran dalam memastikan kualitas kesesuaian terhadap perencanaan, efektivitas pelaksanaan anggaran, efisiensi pelaksanaan anggaran dan kepatuhan terhadap regulasi,” ujar Kakanwil. (Humas Kemenkumham Sumbar)