Terapkan Sistem Cashless, Karutan Cegah Peredaran Uang Cash Di Rutan Kelas I Jakarta Pusat

0
76
Sejumlah warga binaan Rutan Kelas I Jakarta Pusat terlihat sedang melakukan transaksi di Warung Halte Rutan, Selasa (23/11).

Jakarta, NAWACITAPOST– Sejumlah warga binaan Rutan Kelas I Jakarta Pusat terlihat sedang melakukan transaksi di Warung Halte Rutan, Selasa (23/11). Bekerjasama dengan Mitra Koperasi PT. Fajar Basthi Sejahtera, dan sembilan Bank nasional, Rutan Kelas I Jakarta Pusat meluncurkan inovasi e-Paspay sebagai alat pembayaran pengganti uang cash bagi para warga binaan Rutan Kelas I Jakarta Pusat.

 

Inovasi e-Paspay ini adalah inovasi dompet digital yang menggunakan teknologi kartu RFID dan NFC. Setiap data pemilik kartu aman tersimpan didalam cloud system dimana jika kartu rusak atau hilang maka data dan saldo didalamnya tidak hilang.

“Adanya inovasi e-Paspay ini bagus sekali untuk para warga binaan Rutan Kelas I Jakarta Pusat. Selain untuk mengendalikan peredaran uang di dalam Rutan, hal ini juga dapat mencegah adanya peredaran gelap narkoba,” ujar Kepala Rutan Kelas I Jakarta Pusat, Yohanis Varianto.

Yohanis Varianto juga mengapresiasi adanya inovasi e-Paspay karena sesuai dengan pelaksanaan program pelaksanaan Prinsip Dasar Pemasyarakatan (Back to Basics). Inovasi e-Paspay di Rutan Kelas I Jakarta Pusat ini juga salah satu wujud Program Bebas Peredaran Uang seperti yang tertera pada Surat Edaran Direktur Jenderal Pemasyarakatan No.E.PR.06.10-70 Tanggal 30 Juli 2004.

 

Setiap warga binaan memiliki masing-masing satu e-Paspay untuk alat pembelian di Warung Halte Rutan. Jika warga binaan ingin menggunakan e-Paspay harus memasukkan pin yang hanya diketahui oleh masing-masing warga binaan. Yohanis Varianto berharap inovasi ini akan berlangsung dalam jangka panjang, karena dengan adanya e-Paspay dinilai efektif sebagai alat transaksi jual beli di dalam Rutan.

 

BACA JUGA : https://nawacitapost.com/nasional/2021/11/30/yohanis-varianto-mendapatkan-penghargaan-terkait-perannya-dalam-menangani-covid-19/