Samarinda, NAWACITAPOST – Masih dalam rangkaian kegiatan peringatan hari lahirnya Kementerian Hukum dan HAM Republik Indonesia atau yang biasa disebut dengan Hari Dharma Karya Dhika, dimana sebelumnya Jajaran Lapas Kelas IIA Samarinda menyalurkan puluhan hingga ratusan bantuan berupa sembako kepada masyarakat korban banjir di Kota Samarinda. Hari ini, Selasa, 26 Oktober 2021 bertempat di Taman Makam Pahlawan (TMP) Samarinda di bilangan Jl. Pahlawan, Kalapas Kelas IIA Samarinda bersama sejumlah Pejabat Struktural dan staf mengikuti pelaksanaan upacara tabur bunga yang diselenggarakan oleh Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Kaltim. Tidak hanya itu, bahkan Kalapas Kelas IIA Samarinda (M. Ilham Agung Setyawan) didaulat sebagai perwira upacara untuk menyampaikan laporan kesiapan pelaksanaan upacara tabur bunga dimaksud.

 

Acara di mulai pada pukul 09.00 wita dipandu oleh MC Gina Arinda Santy yang juga merupakan staf Urusan Umum Lapas Kelas IIA Samarinda yang diawali dengan penyampaian laporan dari perwira upacara kepada Kakanwil Kemenkumham Kaltim (Sofyan. S.Sos. SH. MH), dilanjutkan dengan penghormatan kepada para pahlawan, dilanjutkan dengan mengheningkan cipta yang dipimpin oleh Inspektur Upacara.

Kalapas Kelas IIA Samarinda. M. Ilham Agung Setyawan (kiri), pose bersama Karutan Kelas IIA Samarinda, Alanta Imanuel Ketaren (kanan)

Usai mengheningkan cipta acara kemudian dilanjutkan dengan pembacaan doa, selanjutnya peletakan karangan bunga oleh inspektur upacara dan sebagai rangkaian akhir dari upacara tabur bunga tersebut, seluruh peserta upacara secara bersama-sama menabur bunga di seluruh makam yang ada di TMP Samarinda.

Kalapas Kelas IIA Samarinda M. Ilham Agung Setyawan ketika dikonfirmasi media ini terkait pelaksanaan upacara tabur bunga tersebut menyatakan, bahwa pelaksanaan upacara tabur bunga di TMP Samarinda adalah merupakan bagian dari rangkaian acara peringatan Hari Dharma Karya Dhika (HDKD) yang puncaknya pada tanggal 30 Oktober mendatang. Dalam kesempatan itu pria yang akrab disapa Ilham itu juga menyatakan bahwa upacara tabur bunga pada hari ini (selasa, 26/10/2021) sebagai bentuk penghormatan kepada para pahlawan dan dilaksanakan serentak di seluruh Indonesia.

Baca juga :  Antisipasi Kebakaran, Lapas Garut Gandeng Dinas Damkar Cek Sistem Proteksi

Hal senada disampaikan oleh Kepala Rumah Tahanan (Karutan) Kelas IIA Samarinda, Alanta Imanuel Ketaren, ia menyampaikan bahwa upacara tabur bunga merupakan program nasional yang telah ditentukan oleh Kemenkumham RI di Jakarta, dirinya juga menyatakan bahwa sebagai bawahan pihaknya akan mendukung semua program yang telah dicanangkan oleh atasan.