Jakarta, NAWACITAPOST – Kantor Imigrasi Kelas III TPI Labuan Bajo meningkatkan pengawasan perairan di wilayah laut Labuan Bajo dalam rangka meminimalisir pelanggaran keimigrasian, terutama pada masa PPKM darurat yang ditetapkan oleh pemerintah pusat. Kegiatan pengawasan yang dilakukan selama 2 hari pada tanggal 7 dan 8 juli 2021 ini, menyisir kapal kapal baik yacht maupun sailing boat yang berbendera asing.

Operasi pengawasan yang dipimpin langsung oleh Kepala Subseksi TI Intelijen dan Penindakan Keimigasian ini sebagai langkah preventif masuknya orang asing secara ilegal di wilayah Labuan Bajo.

Kepala Subseksi TI Intelijen dan Penindakan Keimigrasian, Christian Prantigo menuturkan, pihaknya secara kontinyu melakukan berbagai upaya dalam meminimalisir pelanggaran keimigrasian baik dari sisi dokumen maupun izin tinggal orang asing. Disaat pandemik seperti ini, alternatif untuk tinggal di kapal makin menjadi pilihan bagi orang asing. “Apalagi liveaboard (tinggal di kapal) lagi menjadi trend baru wisata bahari di Labuan Bajo, kata Christian.

Selain informasi yang kita dapatkan dari pihak pihak terkait, kami juga memantau dari aplikasi Marine Traffic sebagai informasi awal untuk kapal kapal asing yang masuk di wilayah Labuan Bajo, pungkasnya.

Pada pengawasan kali ini, tim tidak menemukan pelanggaran keimigrasian oleh warga negara asing.

(Kornelius Wau)

Baca juga :  Karutan Kelas IIB Tanjung Pura Kanwil Kemenkumham Sumut, Kunjungi Kejaksaan Negeri Langkat dan Pengadilan Negeri Stabat