Tito Karnavian Tunjuk Sekda Pelaksana Harian, Natalius Pigai Ajukan 2 Pertanyaan

0
102

Jakarta, NAWACITAPOST – Keputusan Mendagri, Tito Karnavian atas penunjukkan Sekda Papua Dance Yulian Flassy sebagai Pelaksana Harian (Plh) Gubernur Papua,  24 Juni 2021 ditanggapi oleh anggota Komnas HAM, Natalius Pigai.

Keputusan Mendagri tersebut berkenaan dengan kondisi kesehatan Gubernur Papua, Lukas Enembe yang sedang melakukan pengobatan  di rumah sakit Mount Elizabeth, Singapura, juga telah meninggalnya Wagub Papua, Klemen Tinal beberapa waktu lalu.

Melalui cuitannya di twitter, Pigai ajukan dua pertanyaan kepada Presiden. Karena putusan yang dibuat Mendagri nampak sepihak.

Pertama, Pigai menanyakan perihal Surat Sekda ke Mendagri yang meminta dirinya menjadi PLH apakah berdasarkan hasil musyawarah dengan Gurbernur.

Kedua, perihal keputusan itu apakah sebelumnya sudah diadakan komunikasi antara Mendagri dengan Gurbernur.

Tangkapan layar twitter

Pasalnya pengkangkatan Sekda yang dilakukan Mendagri dinilai melangkahi aturan hukum mengenai kewenangan pengangkatan sekda dan penunjukkan PLT serta PLH.

Akan tetapi, putusan tersebut dianggap perlu dalam rangka menjamin kesinambungan penyelenggaraan  pemerintah dan pelayanan publik.