Kakanwil Ikuti Pelantikan MPWN Periode 2021-2024

0
124

Makassar, NAWACITAPOST  – Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Harun Sulianto mengikuti pelantikan Majelis Pengawas Wilayah Notaris (MPWN) Periode Tahun 2021-2024 dan Pergantian Antar Waktu (PAW) Majelis Kehormatan Notaris Wilayah (MKNW) Periode Tahun 2019-2022 di Grand Hyatt Bali, Kamis (10/06).

Sebanyak 293 pejabat MPWN dan 5 pejabat PAW MKNW dilantik langsung oleh Direktur Jenderal Administrasi Hukum Umum (AHU) Cahyo Rahadian Muzhar.

BACA JUGA :   Pejabat Imigrasi Sulawesi Selatan Temui Bupati Selayar, Ada Apa?

Dalam sambutannya, Dirjen AHU menyampaikan pentingnya penyederhanaan perizinan dan kemudahan usaha seperti yang diamanatkan Presiden Republik Indonesia Joko Widodo.

“Ease of Doing Business (Kemudahan Berusaha) yang dicanangkan Bank Dunia menjadi salah satu prioritas Presiden untuk mempercepat pertumbuhan ekonomi di Indonesia,” Jelasnya.

Dalam bisnis yang dilihat adalah kepastian hukum terutama dalam perlindungan usaha. Cahyo menyampaikan disinilah pentingnya peran notaris dalam percepatan bisnis.

“Notaris adalah important actors dalam bisnis karena menjadi penasihat hukum bagi semua pihak yang produknya adalah akta otentik yang digunakan dalam persidangan sebagai alat bukti yang sah. Notaris tak boleh menunda pekerjaan karena sama saja dengan menghambat percepatan perekonomian ,” tambah Cahyo.

BACA JUGA :   Kanwil Sulsel Fasilitasi Pemberian Layanan Bantuan Hukum

Dalam kesempatan ini pula, Cahyo berpesan agar para MPWN dan PAW MKNW yang dilantik memperketat pengawasan terhadap notaris baik melalui penguatan kelembagaan maupun pengenaan sanksi serta sebagai anggota dituntut untuk terus berinovasi dan menciptakan solusi yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan masyarakat.

Sebagai penutup, Cahyo mengingatkan esensi dari pengawasan adalah pembinaan bukan sekedar menjatuhkan hukuman. “Kami harap saudara-saudara memahami kewajiban dan prosedur pengawasan serta kode etik notaris agar dapat terwujud pembinaan yang berkepastian hukum. Jangan sungkan-sungkan untuk menjatuhkan sanksi bila ada pelanggaran kode etik, karena yang dirugikan adalah masyarakat,” tutupnya.

Pada acara ini turut serta dilantik Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM Anggoro Dasananto yang mendampingi Kakanwil serta para pejabat dari Sulawesi Selatan yang dilantik langsung antara lain Dekan Fakultas Hukum Unhas Farida Patittingi, Ketua Program Doktor Fakultas Hukum Unhas Marwati Riza, Notaris Ria Trisnomurti, Notaris Abdul Muis, Notaris Lieke Tunggal. Sedangkan Kepala Bagian Perundang-undangan Setda Prov. Sulsel Andi Idris dan Majelis Wali Amanah Universitas Hasanuddin Syamsul Bahri mengikuti pelantikan secara virtual.

Tinggalkan Komentar