Novel Baswedan Cs Ngotot Soal TWK, Menkumham Yasonna Laoly Sarankan Dibawa Ke Pengadilan

0
113
Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham) Yasonna Laoly

Jakarta, NAWACITAPOST Menteri Hukum dan HAM (Menkumham) Yasonna Laoly mengusulkan agar polemik Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) 75 pegawai Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dibawa ke ranah hukum.

Yasonna menungkapkan,langkah hukum itu lebih tepat daripada menjadi perdebatan panjang di publik.

“Kalau tidak sepakat, uji aja di pengadilan, buat apa berdebat panjang –panjang, kita ini negara hukum. Daripada ribut politik,capek itu menurut pikiran saya,” kata Yasonna Laoly d, Rabu (9/6).

Yasonna mengungkapkan, TWK adalah salah satu tes yang harus dilalui setiap calon Aparatur Sipil Negara (ASN) sebagai bagian dari tes kompetensi dasar.

“Di situ ada tes intelinsi umum, tes wawasan kebangsaan, karakteristik,” ujarnya.

Dirinya tidak mau bicara lebih lanjut mengenai TWK. Pasalnya dia tidak berkewenangan langsung dengan masalah ini.

“Yang pasti saya tidak ikut-ikutan, karena buka kewenangan saya,” ujarnya.

Diketahui sebelumnya Ketua KPK Firli mengatakan, 75 pegawai KPK dinyatakan gagal TWK dalam rangka alih status menjadi AN. Sehingga KPK menonaktifkan puluhan pegawai lembaga antisuah itu.

Menurutnya sudah tidak bisa dibina dan berada di lembaga antikorupsi. Sementara 24 pegawai akan dibina lewat pendidikan dan pelatihan bela negara serta wawasan kebangsaan.

sudah tak bisa dibina dan berada di lembaga antikorupsi. Sementara 24 pegawai akan dibina lewat pendidikan dan pelatihan bela negara serta wawasan kebangsaan.