912 PENGUNGSI LUAR NEGERI DI RIAU DISUNTIK VAKSIN COVID-19

0
115

Pekanbaru, NAWACITAPOST  – Pandemi Covid-19 tidak hanya berdampak pada Warga Negara Indonesia (WNI), tapi juga para pengungsi luar negeri yang tinggal di Indonesia. Pemberian vaksin merupakan salah satu upaya yang dinilai paling efektif untuk mengatasi pandemi COVID-19 yang masih terus berlangsung di seluruh dunia. Bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Kota Pekanbaru dan International Organization for Migration (IOM), pihak Kepolisian serta stake holder lainnya, Kanwil Kemenkumham Riau melalui Divisi Keimigrasian melaksanakan kegiatan vaksinasi Covid-19 terhadap 912 Refugee (pengungsi luar negeri), Sabtu (5/6).

Kepala Kanwil Kemenkumham Riau, Pujo Harinto, bersama Kepala Divisi Keimigrasian Kanwil Kemenkumham Riau, Muhammad Tito Andrianto, memantau langsung jalannya pelaksanaan pemberian vaksin Covid-19 yang dilaksanakan di Community House Wisma Indah Sari Pekanbaru dan Wisma Siak Pekanbaru. “Pemberian vaksin kepada Refugee ini kita harapkan dapat mencegah penyebaran wabah Covid-19 sehingga dapat menekan angka penderita yang akhir-akhir ini meningkat drastis. Pengungsi ini juga merupakan saudara-saudara kita yang harus kita bantu dan lindungi bersama-sama,” kata Pujo. Pada masa pandemi COVID-19, pengungsi menjadi salah satu kelompok yang paling rentan mengingat banyak faktor yang memengaruhinya, tambahnya lagi.

Selanjutnya, Kakanwil bersama Kadiv Keimigrasian berkesempatan meninjau sarana community house dan juga kondisi para pengungsi. Kakanwil juga berpesan kepada para pengungsi agar tetap menjaga kebersihan diri dan lingkungan serta menerapkan protokol kesehatan.