Somad Bisa Dijerat Pidana? Bila Donasi Tidak Dilaporkan Secara Transparan

0
589

Jakarta, NAWACITAPOSTSomad selain dikenal sebagai penceramah. Namun nyambi juga sebagai promosi  swalayan 212 Mart. Jualan ayat dan mayat dipromokan di swalayan itu. Hasilnya terkumpul dana 21 Miliar rupiah, dan Somad tentu mendapat fee atau komisi atas promosi toko swalayan tersebut. 

Baca Juga : Donasi Kapal Selam dan Palestina, Berapa Fee Somad? 

Namun, belum genap 5 tahun, swalayan itu dirundung dan dililit masalah. Boleh dibilang, bangkrut. Beberapa orang yang melakukan investasinya di swalayan, Samarinda, Batam  dan daerah lainnya, sudah melaporkan ke pihak berwajib.

Bahkan pihak Kepolisian, infonya sudah melakukan tahap penyidikan, berdasar laporan dari masyarakat tersebut.

Belum, selesai urusan swalayan 212 Mart. Somad menggagas pengumpulan donasi untuk pembelian Kapal Selam. Pengganti Kapal Selam nanggala 402 yang tenggelam di laut Bali. Dalam satu jam dana terkumpul sebesar 360 juta rupiah, dan sudah mencapai 2 miliar rupiah lebih, itu hasil cuap-cuap Somad berjualan ayat yang netizen menyebutnya pengemis berjubah.

Kini masalah Palestina -Israel. Somad melakukan hal sama, penggalangan dana dan berada dibarisan terdepan.  Terkumpul lebih dari penggalangan kapal selam.

Penggiat media sosial, Ade Armando dan sebagian besar netizen lainnya, mempertanyakan dana kapal selam? Ketika Somad menggebu-gebu menggalang dana buat Palestina.

Pertanyaan beragam bermunculan. Kebanyakan mencibir dan mempertanyakan tentang dana swalayan 212 Mart, dan Kapal Selam yang entah kemana. Tak jelas ujungnya.

Regar Sutan dalam laman lini facebook menyebut Somad sebagai Musang Berbulu Domba. Perlu ditanyakan kemana penggalangan dana buat Palestina. Bukankah Dubes Palestina untuk Indonesia, merasa tak menerima dana penggalangan itu? Jadi kemana dana penggalangannya?

Dan, jika Polisi di kasus Swalayan 212 Mart sudah ke tahap penyelidikan? Berati dana penggalangan Kapal Selam dan Palestina, kalau tidak dilakukan secara transparan, bisa disebut pelanggaran. Atau menunggu laporan warga yang menyumbang ke donasi penggalangan dana.