Diduga Zulkifli Hasan Bocorkan JK Dukung Cagub Anies, Adik Ketum PAN Ditangkap KPK 

0
378
Berlawanan arah jarum jam ; Wapres ke-10 dan ke-12, Jusuf Kalla, Ketua Umum PAN, Zulkifli Hasan, dan adik Ketum PAN yang juga eks Bupati Lampung Selatan, Zainudin Hasan ditangkap KPK. Foto Kolase.

Jakarta, NAWACITAPOSTKPK telah menangkap, menahan dan pengadilan telah menjatuhkan vonis  kepada eks Bupati Lampung Selatan, Zainudin Hasan, terkait  kasus dugaan suap terkait proyek infrastruktur di Kabupaten Lampung Selatan. Pria yang merupakan Ketua DPW PAN Lampung.  Kejadiannya pada Juli 2018.

Baca Juga : KH Ma’ruf Amin Resmi Gantikan Jusuf Kalla Jadi Wapres

HANYA sekedar catatan saja.Masih ingat dengan Pilkada Jakarta 2017. Lawannya  Ahok, selain AHY ada Anies Baswedan. Nah, JK yang ngotot mencalonkan Anies setelah Anies dipecat dari Mendikbud (saat itu JK masih Wapres ke 12). JK memaksa koalisi partai yang dipimpin Prabowo Subianto menetapkan Anies sebagai Cagub Jakarta.

Sepulangnya JK dari kunjungan kenegaraan dari luar negeri, Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan yang tergabung dalam koalisi pencalonan Anies, kepada media menyampaikan bahwa JK berada dalam dukungan Cagub Anies.

Rupanya pernyataan Ketum PAN itu membuat JK marah, karena menurut Wapres ke 10 dan ke 12, pernyataan  Ketum PAN  bisa merusak hubungannya dengan Presiden Jokowi  Kejadiannya tahun 2017, satu tahun sebelum adiknya Ketum PAN, Zainudin Hasan ditangkap KPK.

Kemudian 2018, Novel Baswedan masih sebagai penyidik KPK. Lagi-lagi sadapan HP menjadi senjata utamanya.

Kabar beredar, diduga kemarahan JK kepada Ketum PAN, terkait membocorkan dukungannya kepada Cagub Anies, mungkin diterjemahkan oleh Novel, lawannya JK adalah Ketum PAN. Karena penyidik KPK lagi membidik (menyadap) Bupati Lampung Selatan yang juga adiknya Ketum PAN, terkait proyek infrastruktur bermasalah.

Memang JK tidak memerintah penangkapan itu, dan tidak ada hubungannya. Namun, aroma kemarahan JK itu bisa diterjemahkan dengan cara seperti itu oleh  penyidik KPK Novel yang kabarnya dekat dengan JK (ini dugaan kabar beredar).

Bukan Novel juga yang menangkap adiknya Ketum PAN, melainkan penyidik di luar Novel. Tetapi tak bisa lepas penyidik lainnya (junior atau seangkatan Novel) selalu mendapat sember informasi dari Novel. Semacam ada rambu-rambu berwarna buat  penyidik untuk terus, berhenti dan waspada.

Yang jelas, pernyataan Ketum PAN Zulkifli Hasan terkait Cagub 2017 Anies Baswedan dukungannya dari JK. Zulkifli semakin intens bertemu atau sowan ke JK. Ada saja agenda yang dibahas mulai dari alasan partai, capres 2019, koalisi, dan isu-isu lainnya. Dengan tujuan meredam JK marah kepada dirinya (ketum PAN).

Rupanya, sowannya Ketum PAN ke Wapres ke 10 dan 12, dan penangkapan adiknya Ketum PAN oleh KPK, dimanfaatkan secara baik dan benar oleh JK. Istilahnya mendayung satu tarikan,  dua, tiga pulau terlampaui.