Ade Armando : Semua Penghinaan Agama Apapun Harus Diproses Hukum

0
277
Ade Armando dalam tangkapan layar TV One, Acara Catatan Demokrasi, Selasa 27 April 2021

Jakarta, NAWACITAPOSTPernyataan Josep Paul Zhang yang menganggap dirinya nabi ke 26. Bukan hanya membuat marah umat Islam, kalangan Kristen pun sama. Demikian penegasan Pakar Komunikasi Fisip UI, Ade Armando dalam acara Catatan Demokrasi di TV One, Selasa 20 April 2021. 

Baca Juga : Ade Armando Ungkap Jozeph Paul Zhang Hina Islam Untuk Pindah Warga Negara

Ade sependapat bahwa Paul harus dihukum sesuai aturan hukum Indonesia, karena pernyataan tersebut. Pasalnya, berkategori penistaan agama.  Lalu, Ade juga setuju, siapa saja yang menista agama harus dikenakan hukuman?

Pria asal Padang itu menyebut, Yahya Waloni, dalam videonya banyak menghujat Kristen dan Injil kitab suci palsu. Ustad Abdul Somed (UAS) yang mengatakan di salib ada jin kafir. Atau Habib Rizieq yang mengejek bahwa siapa bidan Yesus.

Jika kita mau memberlakukan hukum itu sama. Artinya siapa yang menistakan agama harus dihukum, termasuk Paul, Yahya Walon, UAS dan Rizieq, tegasnya.

Menanggapi pernyataan Ade, Wakil Sekretaris Wantim Majelis Ulama Indonesia (MUI) Zaitun Rasmin, menyebut pendakwah atau tokoh agama (Yahya Waloni, UAS, dan Rizieq) nama yang dihormati umat.

Terkait pernyataan Zaitun yang kesannya membela Rizieq Cs, perjuangan Ade untuk memberlakukan perlakuan hukum sama yang menista agama, sepertinya mengalami kendala yang berarti.

Jadi, benar dugaan dari sejumlah tokoh luar yang menyebut penistaan agama buat kelompok minoritas.

Lalu, apakah akan terwujud, semua yang menghina agama harus dihukum, tanpa pandang bulu? Kita nantikan saja.