Barang bukti 144,5 ton ganja diamankan polisi. (Foto: PMJ News/ Yeni)
Barang bukti 144,5 ton ganja diamankan polisi. (Foto: PMJ News/ Yeni)

Jakarta, NAWACITAPOST– Polres Metro Jakarta Barat melalui Satuan Reserse Narkoba (Satresnarkoba) berhasil membongkar peredaran ganja sebanyak 144,5 ton. Kasus ini merupakan pengungkapan ganja di tahun 2020 lalu.

“Sebanyak 144,5 ton ganja yang berhasil disita oleh Polres Metro Jakarta Barat 500 kg dalam bentuk ganja siap edar dan sudah dipacking masing –masing per bungkus 1 kg,” kata Kapolda Metro Jaya, Irjen Pol Fadli Imran, Selasa (9/3/2021).

Fadli mengungkapkan, ada 144 ton ganja tersebut disita dari ladang ganja yang luasnya mencapai 12 hektar di Sumatera Utara. Kasus ini terbongkar dari pengungkapan ganja atas nama Andri Hidayat pada Juli 2020 silam.

“Atas kasus ini, terdapat sembilan orang tersangka yang berhasil diamankan,” ujar Fadli.
Mantan Kapolda Jawa Timur ini, menegaskan bahwa dari sembilan tersangka tersebut, telah diamankan secara bergantian, mulai dari pengedar di lapangan, bandar, dan kurir yang bawa dari Sumatera, supir kemudian sampailah di ladang ganja tersebut.

Terkait perbuatannya tersebut, para tersangka sudah menjalani persidangan di Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Barat. Kemudian vonis yang diterima oleh tersangka untuk kasus peredaran narkotika jenis ganja tersebut yakni dikenakan hukuman 15 tahun penjara.

 

Baca juga :  Pergunakan Medsos Dengan Benar, Kalapas Padang Era : Pesan Menkumham Yasonna