Mempertahankan WBK dan WBBM, Kakanim Karawang Genjot Kinerja ASN Dijajarannya

0
76

Jakarta, NAWACITAPOST – Merebut lebih mudah daripada mempertahankan, nampaknya tetap masih berlaku. Yang mana, ketiika tahun lalu Kantor Imigrasi (Kanim) kelas I Non TPI Karawang mendapat predikat Wilayah Bebas Korupsi (WBK) Serta Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM). Kedua predikat tersebut itu  diberikan oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) kepada satuan kerja yang dianggap telah berhasil membangun zona integritas.

Baca Juga : Dapat Kehormatan Dari Gubernur Dominggus Mandacan, Kanwil Kemenkumham Papua Barat Gelar Deklarasi Janji Kinerja 2021 Dengan Motto PASTI

Mencapai WBK dan WBBM tentu perlu deklarasi janji kinerja dan Pencanangan Pembangunan Zona Integritas (ZI) yang diselenggarakan secara daring oleh Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Jawa Barat. Acara dilaksanakan di Aula Kantor Imigrasi Karawang, Rabu (3/2/2021).

Kegiatan diawali dengan Penandatanganan Janji Kinerja oleh Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Jawa Barat yang diikuti oleh seluruh Kepala dan Pejabat Administrasi di masing-masing satuan kerja. Hadir sebagai saksi, Kepala Kejaksaan Negeri Karawang, Rohayatie.

Usai melakukan penandatanganan, Kepala Kantor Imigrasi Kelas I Non TPI Karawang, Winarko mengatakan, pelaksanaan kegiatan ini merupakan langkah awal yang dilakukan untuk dapat mempertahankan predikat Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) serta Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM). Kedua predikat tersebut, sambungnya, diberikan oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) kepada satuan kerja yang dianggap telah berhasil membangun zona integritas.

“Kami bersyukur bahwa tahun 2019 telah berhasil meraih predikat WBK dan dilanjutkan dengan predikat WBBM di tahun 2020. Namun, perjuangan kami belum selesai. Kami berkomitmen untuk mempertahankan kedua predikat tersebut di tahun ini,” ujarnya.

Lebih lanjut, Winarko menjelaskan, setelah melakukan penandatanganan dan deklarasi janji kinerja, Kantor Imigrasi Kelas I Non TPI Karawang akan membentuk Tim Kelompok Kerja (Pokja) Mempertahankan Predikat WBK dan WBBM. Nantinya, sambung Winarko, Tim Pokja tersebut yang akan menyusun rencana kerja selama satu tahun ke depan.

“Tidak hanya itu, Tim Pokja inilah yang akan melakukan monitoring dan evaluasi terhadap seluruh rencana kerja. Apakah sudah terealisasi dengan baik atau ada kendala-kendala yang harus ditemukan solusinya,” jelasnya.

Winarko menambahkan, hal utama yang akan pihaknya lakukan yaitu menjaga kualitas pemberian pelayanan kepada masyarakat. Dirinya berkomitmen untuk senantiasa melayani masyarakat dengan baik serta sesuai dengan prosedur yang berlaku. “Sesuai dengan komitmen kami yaitu memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat,” pungkasnya.

Sepertinya tekad Kakanim Karawang Winarko dengan dukungan  jajarannya mempertahan WBK dan WBBM  tak sulit untuk diraih. Kiat dan tips-tipnya mendapatkan predikat itu selain sudah ditorehkan Kanim Karawang juga sudah  ada dalam sistem kerja yang membangun sinergitas ke arah kinerja positif  dan berkesinambungan.  Atau dengan kata lain sudah terbangun sistem  kerjanya. Jadi siapa yang menakhodai Kanim Karawang, patron kerjanya sudah ada dan siap di aktualisasikan.  Sehingga lebih mudah menggenjot kinerja ASN dilingkungan Kanim Karawang.