Peringati Hari Bela Negara ke-71, Kakanwil Kemenkumham Jabar Laksanakan Upacara

8
126
Peringati Hari Bela Negara ke-71, Kakanwil Kemenkumham Jabar Laksanakan Upacara

Bandung, NAWACITA – Dalam rangka memperingati Hari Bela Negara ke-71, Pegawai Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Jawa Barat melaksanakan upacara pagi hari ini (Kamis, 19/12/2019) bertempat di Lapangan Kantor Wilayah Kemenkumham Jawa Barat, Jl. Jakarta No. 27, Adalah Kepala Bidang Pelayanan Hukum, Ahmad Kapi Sutisna, yang bertindak sebagai Inspektur Upacar mewakili Kepala Kantor Wilayah dan Para Pimpinan Tinggi Pratama di Kantor Wilayah Kemenkumham Jabar.

Bertindak sebagai Perwira Upacara, Kepala Bidang Hukum, Nugi Syamsunugraha, diikuti Kepala Sub Bidang AHU, Anton Tri Oktabiono, yang bertindak sebagai Komandan Upacar. Dengan susunan pelaksanaan upacara sesuai panduan yang diterbitkan olej Sekretaris Jenderal Dewan Ketahanan Negara, pelaksanaan Upacara Peringatan Ke-71 Hari Bela Negara ini berjalan dengan khidmat.

Baca Juga: Kakanwil Papua pimpin Rapat Pokja Pengadaan Barang/Jasa di jajaran Kanwil Papua

Inspektur Upacara dari Amanat Sekretaris Jenderal Dewan Ketahanan Nasional menyampaikan bahwa, “Semenjak Mr. Syafroedin Prawiranegara mendirikan Pemerintahan Darurat Republik Indonesia (PDRI) pada tanggal 19 Desember 1948 di Bukittinggi untuk membela kelangsungan hidup bangsa dan negara, berbagai wujud bela negara telah susul-menyusul silih berganti, untuk menunjukan kepada dunia bahwa Negara Kesatuan Republik Indonesia tetap dan akan terus eksis untuk selama-lamanya”.

Dalam aktualisasinya, bela negara harus disesuaikan dengan kondisi kekinian yang dihadapi oleh masyarakat secara umum serta dilandasi sinergi semua pemangku kepentingan sehingga terwujud kekuatan yang besar untuk mencapai tujuan yang besar pula. Dengan demikian, bela negara bukan hanya menjadi alat untuk menghadapi ancaman yang bersifat potensial maupun aktual, namun juga menjadi alat pencapaian tujuan nasional bangsa dalam jangka panjang yang memerlukan kerja keras serta sinergi secara terus menerus,” ungkap Inspektur Upacara.

Baca Juga: Kanwil Jambi Melakukan Study Tiru ke Kanwil Kemenkumham Jawa Barat

 

Dengan demikian, bagi yang berbakti dalam birokrasi pemerintahan, teruslah mereformasi diri serta meningkatkan transparansi dan akuntabilitas pelayanan publik. Yang belajar dan mengajar, teruslah meningkatkan kearifan dan pengabdian masyarakat berbasis nilai-nilai kebangsaan kita. Yang mengabarkan berita, teruslah menjadi penerang informasi masyarakat secara jujur, berimbang, dan bertanggungjawab. Yang menjalankan usaha, tingkatkanlah terus daya saing secara sinergis dengan segenap tujuan negara. Demikian pula segenap masyarakat dengan beragam profesinya, jadikan bidang profesi masing-masing sebagai ladang bela negara,” tutupnya.

Setelah pembacaan Amanat oleh Inspektur Upacara, sebelum upacara ditutup dengan pembacaan doa, diperdengarkan terlebih dahulu Mars Bela Negara Kepada seluruh peserta yang mengikuti Upacara Peringatan Hari Bela Negara Ke-71 di Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Jawa Barat ini.

Comments are closed.