Kakanwil Kukuhkan 157 SATOPS PATNAL Maluku

2
449
Kakanwil Kukuhkan 157 SAT OPS PATNAL Maluku

Ambon, NAWACITA – Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Maluku, Andi Nurka, mengukuhkan Satuan Operasional Kepatuhan Internal (SATOPS PATNAL) jajaran Pemasyarakatan Maluku, Senin (16/12). Pengukuhan tersebut diharapkan dapat mewujudkan TRI SAKTI ABIYANA, yakni ketertiban, keselamatan dan keamanan di jajaran pemasyarakatan Maluku.

Upacara pengukuhan yang berpusat di halaman Kanwil Maluku tersebut, diikuti oleh seluruh Kepala Unit Pelaksanan Teknis (Ka.UPT) Pemasyarakatan dan perwakilan petugas seluruh Maluku. Total sebanyak 157 orang petugas perwakilan 17 UPT Pemasyarakatan mengucapkan ikrar sebagai SATOPSPATNAL Maluku.

Dalam arahannya Kakanwil mengharapkan agar dengan terbentuknya Satopspatnal Maluku ini dapat mengoptimalkan fungsi pembinaan petugas serta meningkatkan layanan pemasyarakatan yang akan berimbas pada menurunnya resiko gangguan kamtib di Lapas dan Rutan.

“Ganguan kamtib dapat terjadi bukan hanya karena persoalan keamanan yang bersifat statis seperti kelalaian petugas atau kurangnya dukungan sarana prasarana tetapi juga karena faktor keamanan dinamis yang muncul dari semua aspek penyelenggaraan pemasyarakatan,” terang Andi.

“Kalau pembinaan tidak jalan dengan baik, layanan kepada penghuni kurang, makanan tidak sesuai, hubungan dengan keluarga terputus, yang terjadi pasti gangguan kamtib,” lanjutnya.

Senada dengan Kakanwil, Kepala Divisi Pemasyarakatan (Kadiv PAS) Maluku, H.M Anwar, menegaskan bahwa terbentuknya Satopspatnal Maluku merupakan upaya masif yang dilakukan jajaran Pemasyarakatan secara nasional sebagai respon atas gangguan kamtib yang terjadi di Lapas/Rutan belakangan ini.

“Ini bukti bahwa jajaran pemasyarakatan terus berupaya menjadi lebih baik dan kita mulai dari internal kita sendiri, banyak stigma negatif yang berkembang di luar sana, maka yang harus kita lakukan adalah menunjukan kerja nyata lewat Satopspatnal ini,” ungkap Anwar.

Lebih lanjut Ia mengigatkan agar setelah dikukuhkan Satuan ini segera melakukan aksi di UPT masing-masing sesuai tugas dan fungsi yang telah dijabarkan sehingga dapat terlihat hasilnya.

“Jangan menunggu perintah, langsung bekerja sesuai tugas masing-masing, dikoordinasikan dengan pimpinan dan jalan. Dalam minggu ini saya sudah harus menerima laporan kegiatan tersebut,” pungkasnya.

Comments are closed.