Wujudkan Zona Integritas, Imigrasi Tangerang Raih Predikat Wilayah Bebas Dari Korupsi

206
241
Wujudkan Zona Integritas, Imigrasi Tangerang Raih Predikat Wilayah Bebas Dari Korupsi

Jakarta, NAWACITA –  Konsistensi dan komitmen Kantor Imigrasi Kelas I Non TPI Tangerang dalam mewujudkan Zona Integritas Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) akhirnya membuahkan hasil manis.

Bertempat di Birawa Assembly Hall Hotel Bidakara Jakarta, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB) mengadakan acara Apresiasi dan Penganugerahan Zona Integritas untuk mewujudkan Indonesia bebas dari korupsi pada Selasa (10/12).

Acara yang dihadiri oleh Wakil Presiden Republik Indonesia, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB), dan 15 Pimpinan Instansi ini diikuti oleh 500 unit kerja percontohan yang diantaranya adalah 43 unit kerja di lingkungan Kementerian Hukum dan HAM.

Baca Juga: Tampil Beda, Pertemuan Rutin DWP Kanwil Sumut Diawali Senam Sehat

Kegiatan diawali dengan pemutaran video Zona Integritas yang menampilkan inovasi, testimoni masyarakat, dan perubahan yang telah dilakukan oleh instansi – instansi penerima penghargaan. Kegiatan lalu dilanjutkan dengan sambutan dari Menpan-RB, Tjahjo Kumolo.

Dalam sambutannya, Tjahjo Kumolo menyampaikan laporan capaian terkait pembangunan Zona Integritas kepada Wakil Presiden Republik Indonesia, Prof. Dr. K.H. Ma’ruf Amin. “Kepada Bapak Wakil Presiden kami laporkan bahwa capaian selama tahun 2014 sampai tahun 2019 saat ini terdapat 57 unit kerja WBBM dan 778 unit kerja WBK, terdiri atas Kepolisian, Kejaksaan, Pengadilan, Kantor Imigrasi, Kantor Pertanahan, Rumah Sakit, Kantor Layanan Pajak, Kantor Layanan Pembendaharaan Negara, Kantor Bea Cukai, Perwakilan Badan Pemeriksa Keuangan, Lapas / Rutan, Dukcapil, serta Dinas Perijinan lainnya di sejumlah daerah,” ungkap Tjahjo.

Baca Juga: Kakanwil Banten Memperkenalkan Yel-Yel Kemenkumham CORPU Saat Apel Pagi

Terdapat peningkatan yang signifikan dalam penerima predikat Zona Integritas di instansi – instansi pemerintahan. Imigrasi merupakan salah satu contoh instansi yang mengalami peningkatan yang cukup pesat dalam meraih predikat Zona Integritas. “Sebagai contoh, tahun kemarin Imigrasi hanya 4 (unit kerja penerima predikat), (namun) sekarang sudah mencapai 40 (unit kerja penerima predikat),” ujar Tjahjo.

Sebanyak 15 Pimpinan Instansi yang diwakili oleh Jaksa Agung Republik Indonesia, Wakil Ketua Mahkamah Agung Republik Indonesia, Sekretaris Jenderal Kementerian Keuangan, Sekretaris Jenderal Kementerian Hukum dan HAM, Menteri Perhubungan, Sekretaris Jenderal Kementerian Perindustrian, Wakil Menteri Luar Negeri, Menteri Agraria dan Tata Ruang, Menteri Agama, Kepala Badan Pengawas Obat dan Makanan, Inspektur Pengawasan Umum Kepolisian Republik Indonesia, Inspektur Jenderal Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Menteri Kesehatan, Gubernur DKI Jakarta, dan Gubernur Jawa Timur menerima penghargaan Pembangunan Zona Integritas yang diserahkan langsung oleh Wakil Presiden Republik Indonesia.

Membuka Acara Penganugerahaan Zona Integritas Unit Kerja Menuju Wilayah Bebas dari Korupsi dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani, Ma’ruf Amin menyatakan acara ini sesuai dengan momentum Hari Anti Korupsi se-Dunia yang diperingati setiap 9 Desember. Beliau juga memberikan apresiasi kepada seluruh instansi penerima predikat WBK dan WBBM.

Baca Juga: Kakanwil Banten Buka Secara Resmi Kegiatan Rakor MPW Notaris Provinsi Banten TA 2019

“Saya sangat mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih kepada unit kerja penerima WBK dan WBBM” ujar Ma’ruf Amin. Menurutnya pembangunan Zona Integritas ini sejalan dengan program prioritas pemerintah yaitu untuk melakukan penyederhanaan birokrasi.

“Pembangunan Zona Integritas pada unit strategis yang dimotori Kemenpan-RB menurut saya merupakan usaha yang tepat untuk mendapatkan profil pemerintah yang profesional, bersih, dan akuntabel.” sambungnya. Menutup sambutannya, beliau berharap bahwa Zona Integritas di level kementerian maupun daerah cakupannya harus lebih luas dan juga lebih inovatif. “Ingatlah pesan Bapak Presiden, hilangkan rutinitas dan buatlah inovasi – inovasi”, tegas Ma’ruf Amin.

Baca Juga: Wujudkan Zona Integritas, Kanwil Kumham Banten Monitoring LP Cilegon

Kegiatan lalu dilanjutkan dengan penyerahan penghargaan zona integritas unit kerja kepada sekitar 500 instansi yang hadir.  Kantor Imigrasi Kelas I Non TPI Tangerang berhasil meraih predikat Wilayah Bebas dari Korupsi dalam penghargaan ini. Penghargaan diserahkan langsung oleh Menpan-RB kepada Kepala Divisi Keimigrasian Kanwil Kemenkumham Banten selaku Plt. Kepala Kantor Imigrasi Kelas I Non TPI Tangerang, Dodi Karnida H. A.

“Saya bangga atas raihan prestasi ini dan mengucapkan terima kasih serta memberikan apresiasi yang tinggi atas kinerja Kantor Imigrasi Tangerang khususnya atas kinerja Tim Kerja pejuang WBK WBBM di bawah pimpinan kepala kantor saat itu, yaitu Bapak Herman Lukman,” ujar Dodi ditemui selepas penerimaan penghargaan.

“Saya juga mengucapkan terima kasih kepada pimpinan di Kanwil Kemenkumham Banten, Direktorat Jenderal Imigrasi, dan Kementerian Hukum dan HAM karena atas arahan dan bimbingannya sehingga Imigrasi Tangerang meraih predikat WBK,” sambungnya.

Selain Kantor Imigrasi Kelas I Non TPI Tangerang terdapat 42 unit kerja di lingkungan Kementerian Hukum dan HAM yang juga menerima penghargaan Zona Integritas baik WBK maupun WBBM. Dengan diraihnya predikat Wilayah Bebas dari Korupsi oleh Kemenpan-RB ini semakin menegaskan komitmen Kantor Imigrasi Kelas I Non TPI Tangerang dalam peningkatan pelayanan publik yang prima dan bebas dari korupsi. Kantor Imigrasi Kelas I Non TPI Tangerang juga optimis untuk meraih predikat WBBM dan dapat naik kelas menjadi Kantor Imigrasi Kelas I Khusus pada tahun 2020 mendatang.

Comments are closed.