Kunjungan Kerja Komisi III DPR RI, Kakanwil Kemenkumham Sumut Paparkan Capaian Kinerja Pelayanan dan Pengawasan Keimigrasian

Medan, NAWACITA – Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Sumatera Utara (Kanwil Kemenkumham Sumut) yang merupakan bagian dari pemerintah melaksanakan tugas dan fungsi pembangunan dibidang hukum dan HAM.

Dalam hal pengamanan, Kanwil Kemenkumham Sumut melalui Divisi Keimigrasian yang membawahi 6 (enam) Kantor Imigrasi dan 1 (satu) Rumah Detensi Imigrasi berfokus pada Pelayanan Keimigrasian kepada Warga Negara Indonesia (WNI) dan Pengawasan Keimigrasian kepada Warga Negara Asing (WNA).

Hal tersebut disampaikan Kepala Kanwil Kemenkumham Sumut, Sutrisman saat menyampaikan Paparan Capaian Kinerja Pelayanan dan Pengawasan Keimigrasian Tahun Anggaran 2019 di Aula Tri Brata Polda Sumatera Utara, Medan (05/12/2019). Paparan tersebut di depan sejumlah Anggota Komisi III DPR RI dalam kegiatan Kunjungan Kerja Spesifik Komisi III DPR RI dalam Rangka Pemantauan Pengamanan Menjelang Hari Raya Natal 2019 dan Tahun Baru 2020 Pada Masa Persidangan I Tahun Sidang 2019 – 2020.

Anggota Komisi II DPR RI yang hadir diantaranya Mulfachri Harahap, Masinton Pasaribu, Marinus Gea, M. Husni, Eva Yuliana, Rusdi Masse Mappasessu. H. Cucu Ahmad Syamsurijal, Hinca IP Pandjaitan XIII, H. Muhammad Nasir Djamil, H. Adang Daradjatun, dan Nazaruddin Dek Gam.

Sementara itu, turut mendampingi Sutrisman, Kepala Divisi Administrasi Sismolo, Kepala Divisi Keimigrasian Silvester Sili Laba, Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM Agustinus Pardede, Kepala Bagian Program dan Hubungan Masyarakat, Jajaran Kanwil Kemenkumham Sumut serta para Kepala Unit Pelaksana Teknis (Ka.UPT) beserta jajaran di lingkungan Kanwil Kemenkumham Sumut.

“Penyederhanaan pelayanan keimigrasian terus dilakukan untuk memudahkan masyarakat. Dalam pengurusan paspor, beragam inovasi telah dilakukan diantara pelayanan di hari Sabtu dan Minggu hingga antar paspor selesai. Pengawasan keimigrasian bagi orang asing juga terus dilakukan salah satunya dengan sistem QR Code,” ucap Sutrisman.

Baca juga :  Tjahjo Kumolo Sertijab dengan Menkumham RI Prof. Yasonna Laoly

Lebih lanjut, Sutrisman juga menyampaikan fungsi intelijen keimigrasian juga dioptimalkan dengan terus melakukan koordinasi dan kerja sama melalui Tim Pora (Tim Pengawasan Orang Asing) di sejumlah wilayah di Sumatera Utara.

Mulfachri Harahap menutup kegiatan dengan merangkum hasil kunjungan kerja yang turut dihadiri Kanwil Kemenkumham Sumut dan Polda Sumut.

“Untuk Kanwil Kemenkumham Sumut dari paparan yang disampaikan tadi sudah baik, kita berharap terus berkonsentrasi terhadap pengawasan keimigrasian. Optimalkan fungsi intelijen keimigrasian,” tutup Mulfachri.