DPRD Kota Sorong Kurangi Pembahasan Perda

1
144
DPRD Kota Sorong Kurangi Pembahasan Perda
DPRD Kota Sorong Kurangi Pembahasan Perda

Sorong, NAWACITA – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Sorong, Provinsi Papua Barat, mengurangi pembahasan Peraturan Daerah (Perda) yang pada akhirnya tidak dijalankan dengan baik.

Ketua DPRD Kota Sorong, Petronela Kambuaya di Sorong, Selasa, mengatakan bahwa pihaknya akan mengurangi pembahasan Peraturan Daerah baik inisiatif DPRD maupun usulan pemerintah daerah.

Dia mengatakan bahwa pengurangan pembahasan Peraturan Daerah tersebut sesuai petunjuk Presiden Joko Widodo yang menginginkan agar tidak membuat banyak regulasi namun tidak bermanfaat atau tidak dijalankan.

Menurut dia, mulai sekarang DPRD akan selektif terhadap peraturan daerah karena banyak peraturan daerah yang disahkan namun tidak diterapkan dengan baik. Bahkan regulasi tersebut membatasi ruang gerak pelayanan pemerintah kepada masyarakat.

Baca juga: Menteri BUMN Bergerak Cepat Jalankan Misi Presiden Jokowi

Kami akan melihat kembali peraturan daerah yang telah ada, jika masih bermanfaat dipertahankan, namun jika tidak lagi bermanfaat akan dirampingkan bahkan ditiadakan,” ujarnya.

Tidak hanya DPRD, kata dia, Pemerintah Kota Sorong juga telah membatasi pembuatan peraturan daerah karena banyak peraturan daerah dibuat namun tidak efektif bahkan merugikan pemerintah sendiri.

Ia menyampaikan bahwa pengurangan pembuatan dan pembahasan regulasi daerah merupakan salah satu upaya guna penghematan anggaran daerah. Lebih baik kita punya sedikit regulasi daerah namun bermanfaat bagi pelayanan masyarakat, dari pada punya banyak regulasi tapi tidak bermanfaat,” tambah dia.

Comments are closed.