Produksi Batako WBP Lapas Kupang Capai 600 Buah Perhari

3
142
Produksi Batako WBP Lapas Kupang Capai 600 Buah Perhari

Kupang, NAWACITA – Salah satu program pembinaan bagi Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) adalah asimilasi, yakni proses pembinaan yang dilaksanakan dengan membaurkan WBP ke dalam kehidupan masyarakat.

Di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Kupang program asimilasi kerja luar lapas diberikan kepada 31 WBP yang telah memenuhi semua syarat sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Baca Juga: Upacara Hari Pahlawan, Kakanwil Ajak Peserta Upacara Jadi Pahlawan Masa Kini

WBP yang diberikan kesempatan kerja luar terbagi dalam beberapa kelompok kerja. Salah satunya produksi batako yang dikerjakan sembilan WBP di tempat percetakan batako milik Lapas Kupang di samping kantor dengan luas bangunan 4 x 10 meter dengan jumlah produksi perharinya bisa mencapai 600 buah dimana hasilnya dijual kepada masyarakat umum. WBP yang bekerja di luar tembok lapas dibimbing oleh petugas dari seksi kegiatan kerja dan diawasi oleh beberapa staf kesatuan pengamanan lapas.

Seperti terpantau Rabu (6/11) hasil kerja produksi para WBP melalui pembuatan batako berhasil terjual. Dikatakan Kepala Seksi Kegiatan Kerja Lapas Kupang, Fillipus Babys, semua proses pembinaan ini untuk pembinaan keterampilan guna bekal bagi WBP agar dapat diterima dan bermanfaat bila kembali ke masyarakat.

Baca Juga: Kakanwil Kemenkumham Riau Lantik Pejabat Fungsional

“Semoga apa yang mereka buat ini bisa jadi keterampilan baru untuk mereka sehingga setelah selesai menjalani masa pidananya bisa menjadi bekal hidup di tengah-tengah masyarakat, bersaing dalam bursa tenaga kerja, membuka lapangan kerja agar mencegah mereka untuk mengulangi tindak pidana, serta menunjang terwujudnya keamanan dan ketertiban,” harap Filipus.

Comments are closed.