Kakanwil Banten Pamerkan Kekayaan Intelektual dari Wilayah Banten

0
203
Kakanwil Banten Pamerkan Kekayaan Intelektual dari Wilayah Banten

Jakarta, NAWACITA – Kanwil Kemenkumham Banten turut mengikuti kegiatan Rapat Kerja Teknis Pelayanan Kekayaan Intelektual yang diperuntukan bagi seluruh Kanwil Kemenkumham yang ada di Indonesia. Kegiatan Rapat Kerja Teknis tersebut diselenggarakan di Hotel J.W. Marriot Jakarta, dari tanggal 4 hingga 7 November 2019.

Kegiatan yang dibuka langsung oleh Menteri Hukum dan HAM, Yasonna H. Laoly dan Direktur Jenderal Kekayaan Intelektual Freddy Harris, ACCS tersebut dihadiri oleh beberapa pimpinan tinggi dari Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual. Selain itu, hadir pula perwakilan dari 33 Kanwil Kemenkumham seluruh Indonesia yang dalam kegiatan ini diwakili oleh Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM, Kepala Bidang Pelayanan Hukum, Kepala Subbidang Pelayanan Kekayaan Intelektual, dan pelaksana dari Subbidang Pelayanan Kekayaan Intelektual.

Baca Juga: Kanwil Kalteng Torehkan Prestasi dalam Laga Tenis Pengayoman di Gelora Manahan Solo

Dalam kegiatan Rapat Kerja tersebut, Kanwil Kemenkumham Banten sendiri diwakili oleh Sri Kurniati Handayani Pane selaku Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM, Eko Saputro, selaku Kepala Bidang Pelayanan Hukum, Novita Rosalina, selaku Kepala Subbidang Pelayanan Kekayaan Intelektual, serta Binshar Mulyono, selaku Pelaksana dari Subbidang Pelayanan Kekayaan Intelektual.

Tak hanya mengikuti kegiatan Rapat Kerja, para perwakilan Kanwil Kemenkumham Banten juga turut memamerkan berbagai jenis Kekayaan Intelektual yang berasal dari wilayah Banten, seperti Sate Bandeng, Lomar Banten, Batik atau Kain Bermotif khas Banten, Gula Aren khas Banten, Golok Banten, Golok Cilegon, serta berbagai cemilan atau makanan ringan dari UMKM wilayah Banten.

Baca Juga: Kakanwil Buka Kegiatan Open Bidding

Selain memamerkan berbagai jenis Kekayaan Intelektual yang ada di wilayah Banten, Ibu Sri Kurniati Handayani Pane juga turut menjelaskan Kekayaan Intelektual Komunal (KIK) Banten yaitu Golok Banten dan Golok Cilegon kepada Direktur Jenderal Kekayaan Intelektual, Bapak Freddy Harris.

Melalui Rapat Kerja ini, selain meluncurkan dan meresmikan aplikasi e-Pengaduan, aplikasi si-Pengadu, dan Modul Kekayaan Intelektual, juga dicanangkan bahwa tahun 2020 adalah Tahun Kekayaan Intelektual Komunal, oleh karena itu seluruh Kanwil Kemenkumham di Indonesia diharapkan dapat menggenjot pelindungan serta inventarisasi Kekayaan Intelektual Komunal di wilayahnya masing-masing.

Baca Juga: Kakanwil Bengkulu Hadiri Pengambilan Sumpah Jabatan Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Bengkulu

Hingga tahun 2019 sendiri Kanwil Kemenkumham Banten telah mencatatkan atau menginventarisasi kurang lebih 40 (empat puluh) pencatatan Kekayaan Intelektual Komunal dari wilayah Banten.