Peringati HDKD ke-74, Gubernur Sebagai Irup di Kanwil Sultra

Kendari, NAWACITA – Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia (Kemenkumham RI) hari ini memperingati hari kelahirannya ke-74 tahun yang dikenal dengan istilah Hari Dharma Karyadhika (HDKD). Secara serentak seluruh Kantor Wilayah (Kanwil) se-Indonesia menggelar Upacara HDKD ke-74 Tahun 2019, Rabu (30/10).

Tak ketinggalan, Kanwil Kemenkumham Sulawesi Tenggara (Sultra) ikut menggelar upacara di pelataran Kantor Wilayah. Seluruh Unit Pelaksana Teknis (UPT) mulai dari UPT Pemasyarakatan hingga UPT Imigrasi yang ada didalam Kota Kendari ditambah Rutan Unaaha hadir pada kegiatan tersebut. Sementara untuk UPT yang ada di luar Kota Kendari melaksanakan upacara di UPT masing-masing.

Baca Juga: Keluarga Besar Kanwil Kemenkumham Kaltim adakan Syukuran dan Silaturahmi

Pada upacara kali ini, Gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra) H. Ali Mazi, SH bertindak langsung sebagai Inspektur Upacara. Untuk yang bertindak sebagai Komandan Upacara adalah Kepala Sub Bidang Bimbingan dan Pengetasan Anak, Saibuddin, SH., MH dan Perwira Upacara diisi oleh Kepala Bidang Pelayanan Tahanan, Kesehatan, Rehabilitasi, Pengelolaan Basan Barang dan Keamanan, Johanis Tangkudung, Bc. IP.

Pada kesempatan ini Ali Mazi membacakan sambutan dari Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia (Menkumham RI), Yasonna H. Laoly. Dalam sambutan tersebut dijelaskan makna dari tema yang diusung pada peringatan HDKD tahun ini yaitu “Transformasi Meraih Kinerja PASTI”.

Baca Juga: Koordinasikan Dukungan Tugas Fungsi Keimigrasian, Kakanwil Audiensi Bersama Sekda Provinsi Kalsel

“Makna dari tema ini adalah adanya perubahan rupa baik bentuk, sifat, dan cara bekerja di Kementerian Hukum dan HAM untuk meraih kinerja PASTI. Artinya di tahun 2019 ini Kemenkumham benar-benar ingin memastikan bahwa ada perubahan yang signifikan dalam rangka perbaikan dan peningkatan kualitas kerja, dengan telah bertransformasi dari budaya kerja birokrasi yang konvensional menuju birokrasi digital,” ungkap Yasonna dalam sambutannya.

Baca juga :  Sudirman: Seorang Kepala Kantor Wilayah Harus Mempunyai Kemampuan Yang Komprehensif

Diawal kepemimpinannya periode 2019-2024 ini, Yassona juga menegaskan kepada jajarannya agar 5 tahun kedepan seluruh SDM Kemenkumham harus bekerja keras, cepat dan produktif, serta lebih mengoptimalkan penggunaan teknologi informasi (TI) diseluruh layanan dan pengelolaan administrasi perkantoran.

Baca Juga: Kakanwil Bengkulu Buka Secara Resmi Lokakarya Penyuluhan Hukum

“Untuk peningkatan kompetensi SDM tidak mungkin kita hanya lakukan sendiri tanpa bermitra dengan instansi atau lembaga lain. Oleh karena itu saya memberikan kesempatan seluas-luasnya bagi unit organisasi atau ASN untuk mencari peluang dalam memperoleh kesempatan bermitra atau mendapatkan beasiswa dalam rangka meningkatkan kompetensi, tentu saja sesuai dengan peraturan dan ketentuan yang berlaku,” pesannya.

Diakhir sambutannya, orang nomor satu Kemenkumham tersebut melalui Ali Mazi berpesan kepada seluruh jajarannya agar mengabdikan diri untuk kejayaan Indonesia. “Selamat Hari Dharma Karyadhika 2019, mari kita dharma baktikan jiwa raga dan karya kita untuk kejayaan Indonesia tercinta,” tutupnya.

Baca Juga: Kanwil Jambi Gelar Upacara HDKD Tahun 2019 di Aula Kantor Wilayah

Untuk diketahui, ikut hadir pada upacara tersebut jajaran Forkopimda mulai dari Ketua DPRD Provinsi Sultra, Ketua Pengadilan Tinggi, Kepala Pengadilan Agama, Kabinda, Kapolda, Wakajati, Danrem (diwakili), Danlanal (diwakili), Danlanud (diwakili), Ka. BNNP, Ka. Basarnas, Ketua Pengadilan Negeri Kendari, dan Kakanwil BPN.

Comments are closed.