Sosialisasi UU ITE di Jajaran TNI AU, Danlanud SIM Minta Prajurit Bijak Bermedsos

1
5
Sosialisasi UU ITE di Jajaran TNI AU, Danlanud SIM Minta Prajurit Bijak Bermedsos

Banda Aceh, NAWACITA – Keluarga Besar Lanud Sultan Iskandar Muda (SIM) mengikuti kegiatan sosialisasi UU Informasi dan Transaksi Elektronika (ITE) di Lanud Sultan Iskandar Muda Blang Bintang, Aceh Besar, Jumat (18/10/2019).

Komandan Lanud SIM Kolonel Penerbang Hendro Arief menyambut baik kegiatan sosialisasi ini. Dia berpesan agar seluruh prajurit Lanud SIM dan keluarga besar agar bijak dalam menggunakan media social (Medsos).

“Dengan adanya sosialisasi ini kita jadi paham dan mengerti tentang UU ITE, saya ucapkan terima kasih kepada Dansatpom dan Kakum yang telah menyampaikan dan menjelaskan UU ITE ini,” katanya.

Baca Juga: Foto Bareng Kabinet Kerja Jilid I Jokowi-JK Akan Purnatugas

“Kita harus saling mengingatkan antara satu sama lain bila ada yang mulai mengarah ke hal-hal yang kurang baik tolong diingatkan dan ditegur serta terus introspeksi diri,“ ajak Danlanud.

Sosialisasi UU ITE ini menghadirkan pemateri Dansatpom Lanud Sultan Iskandar Muda Mayor Pom Atut Pambudi dan Kakum Lanud Sultan Iskandar Muda Lettu Sus Erwin Yohanes.

Dansatpom Lanud Sultan Iskandar Muda Mayor Pom Atut Pambudi menyampaikan, penyalahgunaan media sosial belakangan ini terjadi di kalangan masyarakat termasuk personel TNI dan keluarganya yang memanfaatkan media sosial seperti Facebook, Twitter maupun Instagram dalam berinteraksi dengan orang lain.

“Kita sebagai anggota TNI dan Keluarga Besar Tentara harus bersikap netral dan tidak memihak siapapun, termasuk dalam hal ini media sosial yang mendiskreditkan pemerintah,” tegasnya.

Atut menekankan, bagi yang melanggar tentunya akan dikenai sanksi sesuai aturan yang berlaku.

Menurut Atut, menyebarkan berita yang belum pasti diketahui kebenarannya, juga merupakan pelanggaran, sehingga ketika mendapatkan informasi ataupun berita tentang suatu hal diharapkam untuk selalu berkoordinasi dengan pihak yang berkompeten dibidangnya.

Baca Juga: Viktor Laiskodat Diklaim Dihubungi Jokowi untuk Jadi Menteri

Sementara itu, Kakum Lanud Sultan Iskandar Muda menjelaskan, beberapa pasal yaitu pasal 27 sampai dengan Pasal 34, di antaranya mengenai konten ilegal, akses Ilegal, Intersepsi Ilegal, gangguan terhadap data, gangguan terhadap sistem serta penyalahgunaan alat dan perangkat.

“Berhati –hati dalam membuat konten dan berkomentar di media sosial karena banyak kasus yang terjadi karena ulahnya sendiri yang kurang bijak dalam ber-media sosial,” katanya.

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here