Problematika Penanganan Pengungsi dan Pencari Suaka di Indonesia

3
89
Problematika Penanganan Pengungsi dan Pencari Suaka di Indonesia
Semarang, NAWACITA – Isu pengungsi dan pencari suaka bukan hal baru. Bahkan sejak tahun 2000, Pemerintah termasuk produktif dalam mengeluarkan kebijakan atau regulasi dalam menangani permasalahan tersebut, namun dipandang kurang memberikan solusi.
Hal tersebut mengemuka  dalam gelaran Focus Group Discussion (FGD) Asylum Seeker : Pengungsi dan Pencari Suaka di Indonesia yang diinisiasi Direktorat Jenderal Imigrasi bekerja sama dengan Fakultas Hukum Universitas Diponegoro (UNDIP) Semarang, Kamis (17/08).
Event yang digelar di Ruang Sidang Gedung Dekanat FH Undip ini dibuka Dekan, Prof. Dr. Retno Saraswati.

Baca Juga: Kakanwil Banten Saksikan Sertijab Kepala LPKA Kelas I Tangerang

Diselenggarakannya FGD diharapkan dapat memunculkan solusi terhadap penanganan pengungsi dan pencari suaka di Indonesia. Harapan tersebut disampaikan Retno saat memberi sambutan sekaligus membuka acara.
Selaras dengan yang disampaikan Dekan FH Undip, Kadiv Keimigrasian, Esti Winahyu N mengupas besarnya jumlah pengungsi yang hampir mencapai 15 ribu orang.
“Jumlah pengungsi dan pencari suaka di negara kita tidak kunjung berkurang,” jelasnya.
Menurutnya, hal tersebut dapat memicu kerawanan dengan berbagai aspeknya dan ini harus segera diselesaikan.

Baca Juga: Peringati HDKD 2019, Kanwil Kemenkumham Jatim Bersih-Bersih Masjid Al Akbar

“Oleh karena itu, sinergitas Perguruan Tinggi sebagai akademisi dengan Direktorat Jenderal Imigrasi menjadi penting,” katanya.
“Harapannya dapat memunculkan ide, gagasan maupun rekomendasi yang bersifat solutif,” imbuhnya.
Hadir sebagai narasumber Prof. Dr. Rahayu dan Prof. Dr. Eddy Pratomo. Keduanya tampil pada sesi pertama.

Baca Juga: Kanwil Jateng Kembali Terima Kunjungan Studi Tiru Pembangunan Zona Integritas

Sementara pada Sesi Kedua, Prof. Dr. Kholis Roisah dan Prof. Dr. Joko Priyono, masing -masing membawakan materi  Penanganan Pengungsi dan Pencari Suaka, Hambatan dan Tantangan. Serta Efektivitas Perlindungan Hukum Pengungsi dan Pencari Suaka di Indonesia.
Kegiatan FGD diikuti para akademisi Undip, Analis Keimigrasian Ditjen Imigrasi, Bagian PP, Divisi Keimigrasian Kanwil Jateng, Kepala UPT Keimigrasian se-Jawa Tengah serta JF Analis dan Pemeriksa Keimigrasian se Jateng.

Comments are closed.