Imigrasi Tangkap WNA Ilegal, Empat Orang Siap Deportasi

1
200
Imigrasi Tangkap WNA Ilegal, Empat Orang Siap Deportasi

Jakarta, NAWACITA – Petugas Imigrasi Tangerang mengamankan 4 (empat) Warga Negara Asing (WNA) asal Nigeria yang kedapatan tidak memiliki dokumen resmi keimigrasian di sebuah apartemen kawasan Ciputat, Tangerang Selatan, Banten, Selasa (15/10/2019).

Petugas Imigrasi melakukan penahanan terhadap WNA yang terjaring razia karena tidak bisa menunjukan paspor ataupun dokumen keimigrasian baik sebagai turis maupun pekerja asing.

Para WNA asal Nigeria yang terjaring, ternyata difasilitasi tinggal oleh seorang wanita Warga Negara Indonesia (WNI).

Baca Juga: Sekjen Kemenkum HAM Ajak Pejabat Imigrasi Terus Lakukan Transformasi

Kepala Seksi Intelejen dan Penindakan Imigrasi Tangerang, Novan Indrianto mengatakan kepada wartawan, WNI yang menyediakan tempat tinggal atau penginapan bagi WNA ilegal dapat dijerat pidana.

“Jika WNI bersangkutan memberikan penampungan dan penginapan untuk mereka (WNA ilegal), WNI itu bisa dikenakan sanksi pidana,” ujar Novan Indrianto, Selasa (15/10/2019).

Tindak pidana yang dimaksudkan adalah masih dalam kelas ringan, itu pun kalau memang terbukti bersalah di pengadilan, dengan ancaman kurungan 3 (tiga) bulan atau denda Rp25 juta.

Baca Juga: Acara Pelepasan Masa Purna Tugas Kabid Inteldak Keimigrasian Indra Jaya

Total 4 (empat) WNA dan seorang WNI yang berhasil ditangkap otoritas imigrasi Tangerang di Ciputat hari ini. Keempat WNA itu tidak bisa menunjukkan paspor, dan diduga sudah melebihi masa izin tinggal.

“Warga negara asing yang melebihi izin tinggalnya lebih dari 60 hari itu kami kenakan deportasi semuanya. Untuk sementara tidak bisa kembali dulu ke Indonesia,” tegas Novan.

Comments are closed.