Kadiv PAS: Ciptakan Kondisi Aman dan Tertib di Lapas/Rutan

1
86
Ciptakan Kondisi Aman dan Tertib di Lapas/Rutan
Pekalongan, NAWACITA – Melanjutkan agenda kerjanya, Senin (14/10) usai memberikan pengarahan di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas I Semarang, Kepala Divisi Pemasyarakatan, Marasidin Siregar bersama Direktur Yantah Basan Baran, Heni Yuwono, menuju Lapas Kelas IIA Pekalongan untuk kembali memberikan pengarahan.
Bertempat di aula Lapas, Kepala Unit Pelaksana (UPT) Pemasyarakatan se-Eks Karesidenan Pekalongan dan jajarannya turut hadir guna menerima arahan secara langsung.

Baca Juga: Kakanwil Jabar Terima Sertifikat Hibah BMD Kanim Sukabumi dari Walikota

Heni Yuwono mengatakan bahwa seluruh jajaran Pemasyarakatan harus melaksanakan upaya menciptakan kondisi yang aman. Hal ini sejalan dengan arahan Plt. Menteri Hukum dan HAM, Tjahjo Kumolo, untuk seminimal mungkin menciptakan kondisi aman dan tertib.
“Plt Menkumham juga memerintahkan kepada seluruh jajaran untuk turun gunung memonitor langsung kondisi lapangan dan kontinyu melakukan supervisi,” jelasnya.
Pelayanan terhadap Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) tak luput dari atensinya. Mantan Kadiv Pemasyarakatan Jawa Tengah itu mengingatkan untuk tidak berlaku diskriminatif dalam memberikan pelayanan.

Baca Juga: Sambut HDKD 2019, Kakanwil Periksa Kesehatan Di Lapas Kelas I Medan

Sementara terhadap bahaya pungutan liar (pungli), harus terus diwaspadai karena menurutnya, pungli dapat menyebabkan potensi gangguan Keamanan dan Ketertiban di dalam Lapas/Rutan.
Selain itu, pelayanan dalam hal besuk turut disorotinya. “Kita sebagai pelayan publik harus memberikan tempat yang layak untuk pembesuk,” tuturnya.
Disisi lain, Kadiv Pemasyarakatan, Marasidin Siregar mengingatkan jajaran Pemasyarakatan se eks Karesidenan Pekalongan, untuk selalu bekerja dengan berpedoman pada Standar Operasional Procedure (SOP) yang telah ditetapkan dan tidak keluar rel serta agar jangan pernah merasa aman.
“Disaat kita merasa aman disitulah ada celah kelengahan kita,” katanya.

Baca Juga: Bersihkan Pegawai Dari Narkoba, Kakanwil Ikut Tes Urine Di Lapas Kelas 1 Medan

Dirinya kemudian mengutip pesan dari Kakanwil untuk tidak menyepelekan hal kecil, karena justru dari hal kecil terkadang lebih membahayakan dari hal yang terlihat besar.
Pamungkas, Marasidin berharap pertemuan ini dapat menjadi ajang instrospeksi supaya saling mengingatkan, sehingga nantinya Pemasyarakatan khususnya di wilayah Jawa Tengah tidak mendapatkan stigma negatif.

Comments are closed.