Kakanwil Jabar Terima Sertifikat Hibah BMD Kanim Sukabumi dari Walikota

5
147
Kakanwil Jabar Terima Sertifikat Hibah BMD Kanim Sukabumi dari Walikota

Sukabumi, NAWACITA – Pemerintah Kota Sukabumi rampungkan hibah Barang Milik Daerah berupa aset tanah kepada Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Jawa Barat. Prosesi serah terima aset selenggarakan di Aula Kantor Imigrasi Non TPI klas II Sukabumi antara Walikota Sukabumi, Ahmad Fahmi dengan Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Jabar, Liberti Sitinjak, Senin (14/10/19).

Walikota Sukabumi dan Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Jabar sepakat untuk saling menyerahkan dan menerima sertifikat aset tanah yang ditandai dengan penandatanganan Berita Acara Serah Terima. Tanah yang dihibahkan seluas 5.092 M2 yang saat ini tanah dan bangunan Kantor Imigrasi tersebut telah digunakan untuk pelayanan Keimigrasian bagi masyarakat Sukabumi dan sekitarnya.

Mengawali laporannya Kepala Kantor Imigrasi Sukabumi, Nurudin menyampaikan bahwa Kantor Imigrasi Kelas II Non TPI Sukabumi dibentuk berdasarkan Surat Keputusan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia Nomor M.05-PR.07.04 Tahun 2002 tanggal 25 September 2002, Secara operasional pelayanan Kantor Imigrasi Kelas II Non TPI Sukabumi dimulai pada tanggal 1 April 2003 dengan menempati Eks Kantor Badan Kepegawaian Daerah Kota Sukabumi di Jl. R. Syamsudin No. 43 Kota Sukabumi yang dipinjamkan sebagai Kantor Sementara Kantor Imigrasi kelas II Non TPI Sukabumi.

Baca Juga: Gowes Sehat Semarakkan Peringatan HDKD di Kanwil Jateng

Mulai tanggal 1 Agustus 2003 Kantor Imigrasi Kelas II Non TPI Sukabumi berdasarkan Surat Perjanjian Pemerintah Kota Sukabumi dengan Kementerian Hukum dan HAM Republik Indonesia Nomor 593/768/UM/2003 tanggal 1 Agustus 2003 mendapatkan hak pinjam pakai tanah seluas ± 5.092 M2 dari Pemerintah Kota Sukabumi yang beralamat di jalan Lingkar Selatan Nomor 7, Kelurahan Sudajaya Hilir, Kecamatan Baros, Kota  Sukabumi.

Kemudian ia menerangkan, “Pada tahun 2004 tanah yang berstatus pinjam pakai tersebut dibangun sebuah gedung kantor dan 3 (tiga) rumah dinas serta 1 (satu) pos satpam yang mulai berfungsi untuk melayani masyarakat pada awal Januari 2005. Dengan demikian kami sudah menempati tanah beserta bangunan kantor selama 14 tahun”.

Baca Juga: Cegah Peredaran NARKOBA, Seluruh Jajaran Kanwil Babel di-Tes Urine

Dalam perjalanannya Perjanjian pinjam pakai tanah antara Pemerintah Kota Sukabumi dan Kementerian Hukum dan HAM telah beberapa kali diperpanjang sampai dengan saat ini adalah perpanjangan kelima dengan Surat Perjanjian Nomor 593/16/DPPKAD/2016 tanggal 18 Juli 2016 dengan masa berlaku selama 5 tahun yaitu sampai dengan 1 Agustus 2021.

Kantor Imigrasi Kelas II Non TPI Sukabumi telah mengajukan beberapa kali permohonan hibah terakhir melalui Surat Kepala Kantor Imigrasi Kelas II Non TPI Sukabumi Nomor W.11.IMI.IMI.5-PL.01.01-0597 tanggal 12 Maret 2019 perihal Permohonan Hibah Tanah Kantor Imigrasi Kelas II Non TPI Sukabumi.

“Alhamdulillahpermohonan kami dimasa kepemimpinan Walikota Bapak Achmad Fahmi dan jajaran dibawahnya mendapatkan respon yang luar biasa sehingga keluar surat persetujuan dari Walikota Sukabumi melalui Surat Nomor 593/135/BPKD/2019 tanggal 22 April 2019. Kami mengucapkan sangat banyak terimakasih”. terang Nurudin.

Baca Juga: Bersihkan Pegawai Dari Narkoba, Kakanwil Ikut Tes Urine Di Lapas Kelas 1 Medan

Usai memberikan laporannya, dilanjutkan dengan penandatanganan berita acara dan serah terima hibah sertifikat BMD dari para pihak terkait yakni Pihak Pemkot Sukabumi, BPN dan Kanwil Kemenkumham Jabar.

Dalam kesempatan yang sama Liberti Sitinjak selaku Kepala Kantor Wilayah dalam kata sambutanya juga menuturkan, Tanah yang dihibahkan ini tentunya akan terus digunakan untuk kemaslahatan masyarakat juga untuk mendukung Tugas dan Fungsi Keimigrasian.

Kami sampaikan tentunya kepada bapak Walikota dan Wakil Walikota juga jajaran terkait yang selama penantian 17 tahun ini baru bisa terwujud. Kami sangat mengapresiasi dan bersyukur bahwa permasalahan hibah aset BMD di Kanim ini sudah rampung, saya sangat berkeyakinan bahwa masyarakat Sukabumi yang dilayani turut berbahagia dan mudah. Atas nama Menkumham RI, sekali lagi saya sangat berterimakasih.

Selanjutnya…

Comments are closed.