Rutan Wonogiri Sulap Lahan Tidur Menjadi Lahan Produktif Agrobisnis dan Wisata Alam

Wonogiri, NAWACITA – Rumah Tahanan Negara Kelas IIB Wonogiri berdiri diatas tanah negara seluas 4 Hektar yang terdiri dari Gedung dan Bangunan Kantor Pemerintahan serta Lahan tidur yang dipenuhi dengan semak belukar serta pepohonan yang berada dibelakang gedung perkantoran seluas 3,2 Hektar.

Kepala Rumah Tahanan Negara Kelas IIB Wonogiri beserta Petugas Rutan Wonogiri berinisiatif untuk memanfaatkan lahan tidur diarea Rutan Wonogiri menjadi lahan produktif yang dapat digunakan sebagai sarana pembinaan terhadap Warga Binaan Pemasyarakatan Rutan Wonogiri.

Baca Juga: Novel Bamukmin Bantah Berada di Masjid Al-Falaah Saat Penculikan Ninoy

Dengan Keterbatasan Anggaran Kepala Rutan Wonogiri berinisiatif menggandeng pihak pihak ke-3 untuk bekerja sama dalam pembukaan Lahan tidur untuk dimanfaatkan menjadi lahan produktif.

Adapun pihak pihak terkait meliputi Pemerintah Kabupaten Wonogiri dalam hal ini Dinas Pertanian guna mengadakan pelatihan tentang tata cara berkebun kepada Warga Binaan Pemasyarakatan dan menyediakan alat perkebunan seperti traktor, Tanki Semprot, Mesin Penyedot air Hingga Benih Tanaman.

Baca Juga: Polisi Periksa Novel Bamukmin Sebagai Saksi Kasus Ninoy

Rutan Wonogiri juga Bekerja sama dengan KODIM 0728 Kabupaten Wonogiri dalam hal ini KODIM 0728 Wonogiri bersedian menyediakan alat alat berat seperti Excavator,dan Traktor.

Dengan Kegigihan dan Komitmen Bersama Rumah Tahanan Negara Kelas IIB Wonogiri berhasil Mengubah Lahan Tidur menjadi Lahan Produktif dengan melaksanakan Panen Raya Pertama berupa Jagung dengan hasil panen sebesar 3 Ton Jagung.

Baca Juga: Polisi Panggil Pengurus Masjid AL-Falaah Sebagia Saksi Kasus Ninoy

Rutan Wonogiri terus mengembangkan Lahan Produktif dengan menanam bawang merah di area perkebunan seluas 300 m2 dan berhasil melaksanakan panen raya yang kedua dengan hasil panen bawang merah sebsear 4 Kwintal.

Baca juga :  Imigrasi Palu Pindahkan Deteni Warga Negara Turki Ke Rudenim Makassar

Tidak Berhenti sampai disitu dengan tetap menggandeng pihak ke-3 untuk bekerja sama Rumah Tahanan Negara Kelas IIB Wonogiri mengembangkan Lahan Produktif Rutan Wonogiri menuju kearah Agrobisnis dan Agrowisata Alam di Kabupaten Wonogiri.

Baca Juga: 11 Jam Munarman Diperiksa Sebagai Saksi Kasus Penganiayaan Ninoy

Lahan Produktif Rutan Wonogiri disempurnakan menjadi Sarana Asimilasi dan Edukasi (SAE), Perkebunan SRI UTAMI Rutan Wonogiri dilengkapi berbagai Fasilitas Seperti Wahana Bermain Anak, Area Perkebunan, Kolam Ikan Nila dan Gurame, Area Selfie dengan pemandangan alam.

Pendopo Sri Utami ini bisa dipergunakan untuk santai dan pertemuan serta Toilet, kedepan Sarana Asimilasi dan Edukasi Perkebunan Sri Utami Rutan Wonogiri akan dilengkapi dengan Wahana Flying Fox dan Paint Ball yang bisa dijadikan sebagai salah satu tujuan wisata alam dikabupaten Wonogiri.

1 KOMENTAR

Comments are closed.