Koperasi Pengayoman Kanwil Banten Gelar RAT Tahun Buku 2018

2
54
Koperasi Pengayoman Kanwil Banten Gelar RAT Tahun Buku 2018

Serang, NAWACITA – Koperasi Pengayoman Kanwil Banten Gelar RAT Tahun Buku 2018. Koperasi Pengayoman Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Banten menggelar Rapat Anggota Tahunan (RAT) Buku Tahun 2018, Jumat (04/10). Agenda RAT merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan setiap tahunnya.

Bertempat di Aula Kanwil Kemenkumham Banten Lantai III, RAT dihadiri oleh Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM Sri Kurniati Handayani Pane, Kepala Bagian Umum Sunaryo, Kepala Bagian Program dan Hubungan Masyarakat Agus Suryana, Ketua Koperasi Yurista Dwi Artharini, dan seluruh anggota Koperasi Pengayoman Kantor  Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Banten.

Kegiatan dibuka oleh Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM yang mewaikil Kepala Kantor Wilayah, dalam sambutannya ada beberapa pokok yang harus diperhatikan dalam RAT kali ini yaitu tugas dan kewajiban pengurus telah dijalankan sesuai program kerja yang telah ditetapkan, dan seberapa banyak anggota yang merasakan manfaat usaha koperasi, serta efektifitas pengendalian dan pengawas dan usul anggota serta masukan pihak terkait lainnya dapat disampaikan untuk menyusun program kerja tahun 2019, tentu dengan memperhatikan potensi, kemampuan internal-eksternal, serta upaya menekan kelemahan yang ada.

Program kerja atau kesepakatan bersama tersebut, adalah wajib bagi seluruh anggota untuk berperan aktif dan mendukung semua kegiatan organisasi dan usaha yang ditawarkan koperasi.

“Kepada seluruh anggota koperasi diharapkan untuk bisa berperan aktif dalam RAT kali ini dengan memberikan masukan-masukan yang positif untuk kemajuan koperasi sehingga meningkatkan SHU dan ikut berpartisipasi dalam melaksanakan program kerja yang sudah dibuat oleh pengurus koperasi.” ujar Pane.

Baca Juga: Kanwil Kalsel Gelar Pelantikan 9 Anggota MPDN Kabupaten Banjar

Setelah dibuka oleh Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM dilanjut dengan rapat pleno yang dipimpin langsung oleh Ketua Koperasi. Konsep koperasi pengayoman mengandung prinsip nilai-nilai PASTI, dalam kemajuan koperasi diperlukan sebuah program kerja yang efektif dan efesien.

“Dengan mengamalkan tata nilai PASTI kami pengurus koperasi selalu profesional dan transparan, serta kita akan melakukan peningkatan kerja sama dengan mitra.” ujar Yurista.

Baca Juga: Kanwil Banten Gelar Bhakti Sosial Peduli Masyarakat Baduy

Pengawas Koperasi menyampaikan beberapa pesan kepada pengurus koperasi dan anggota koperasi meningkatkan program kerja untuk meningkatkan SHU. “Saat ini hanya simpan pinjam yang sedang kita jalani saya  harap kedepannya bukan hanya simpan pinjam yang koperasi ini jalani, terdapat beberapa usaha mandiri yang diciptakan dalam koperasi pengayoman Kanwil Kemenkumham Banten.” ujar Sunaryo selaku Pengawas Koperasi.

Setelah laporan pertanggung jawaban disetujui dilanjut dengan sesi tanya jawab dengan anggota koperasi, banyak sekali masukan-masukan dari anggota untuk meningkatkan SHU koperasi ditahun selanjutnya.