Kodam XII/TPR Siap Bersinergi Dengan Kanwil Kemenkumham Kalbar

Pontianak, NAWACITA – Kodam XII/TPR siap bersinergi dengan Kanwil Kemenkumham Kalbar. Dalam rangka mempererat jalinan tali silaturahmi dan meningkatkan koordinasi dengan jajaran Komando Daerah Militer XII Tanjungpura, Rabu (02/10), Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kalimantan Barat, Yudanus Dekiwanto, mengunjungi Markas Kodam XII/TPR.

Dalam kunjungan ini, Kakanwil didampingi Kepala Divisi Administrasi, Ngadiono Basuki, Kepala Divisi Keimigrasian, Husni Thamrin, Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM, Toman Pasaribu dan Kepala Bidang Pembinaan, Bimbingan dan TI, Eka Jaka Riswantara.

Baca Juga: Pengabdian Masyarakat WBP Lapas Pangkalan Bun

Dekiwanto beserta rombongan disambut langsung oleh Pangdam XII/TPR, Mayjen TNI Muhammad Nur Rahmad diruang tamu Kodam XII/TPR, lantai dua.

Pada pertemuan tersebut Kakanwil menjelaskan bahwa selain mempererat tali silaturahmi, kunjungannya beserta jajaran bertujuan untuk meningkatkan koordinasi terkait hal-hal yang berkenaan dengan daerah perbatasan dan pengawasan orang asing yang masuk ke Wilayah Indonesia.

“Dalam undang-undang memang Imigrasi sebagai penjaga pintu gerbang pak. Namun setelah orang asing masuk ke wilayah kita, pengawasannya itu merupakan tanggung jawab kita bersama,” ucap Dekiwanto saat menjelaskan peran Imigrasi di daerah perbatasan.

Menanggapi hal tersebut, Mayjen TNI M. Nur Rahmad mengungkapkan bahwa dalam pengawasan orang asing memang memerlukan mekanisme yang tepat dalam pelaksanakannya.

Baca Juga: Tingkatkan Kualitas Diri WBP, Lapas Cikarang Bersolawat

“Misalnya terjadi sesuatu, kami sebagai pengamanan, Polri sebagai penegak hukum apabila orang asing itu melakukan tindakan kejahatan, jajaran Bapak menangani administratifnya,” ungkap Jenderal Bintang Dua.

Kakanwil menambahkan, terkait masalah overcrowded yang terjadi di Lapas dan Rutan, tentunya bantuan pengawasan dari pihak TNI akan sangat membantu bagi anggota di lapangan.

Mayjen TNI M. Nur Rahmad menyambut baik ajakan Kakanwil dan jajaran untuk bersinergi demi kebaikan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Baca juga :  KPK Menetapkan Bupati Labuhanbatu Pangonal Harahap Sebagai Tersangka

Baca Juga: Lapas Lowokmaru Mampu Atasi Permasalahan Sampah Berkat Maggot

“Dalam suasana negara yang seperti ini, sinergitas memang sangat diperlukan. Maka dari itu saya ucapkan terima kasih atas kunjungan Bapak ke sini,” ucap Pangdam XII/TPR.

Membalas ucapan Pangdam XII/TPR, Kakanwil juga mengucapkan terima kasih atas dukungan penuh yang diberikan pihak TNI khususnya Kodam XII/TPR.

“Saya harap hubungan baik ini dapat terus kita jaga pak. Semua demi kebaikan negara kita juga,” kata Kakanwil sebelum mengakhiri kunjungannya.

Comments are closed.