Acara Pembukaan Lomba Keluarga Sadar Hukum Tingkat Provinsi Gorontalo Tahun 2019

0
111
Acara Pembukaan Lomba Keluarga Sadar Hukum Tingkat Provinsi Gorontalo Tahun 2019

Gorontalo, NAWACITA – Acara pembukaan lomba keluarga sadar hukum tingkat provinsi Gorontalo tahun 2019. Wakil Gubernur Gorontalo Dr. Drs. IDRIS RAHIM MM membuka dengan resmi “Lomba Kadarkum Tingkat Propinsi Gorontalo Tahun 2019” yang dilaksanakan di Aula Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Gorontalo.

Dalam sambutannya Wakil Gubernur Gorontalo menyampaikan acara lomba kadarkum tingkat provinsi Gorontalo tahun 2019 adalah suatu sarana untuk mengetahui keberhasilan pembinaan kadarkum di provinsi gorontalo sekaligus menilai kelompok keluarga sadar hukum (kadarkum) yang memiliki prestasi, pemahaman dan pengetahuan terhadap peraturan perundang-undangan.

Lomba ini juga bertujuan memantapkan dan meningkatkan kesadaran hukum masyarakat utamanya masyarakat di provinsi gorontalo.

Baca Juga: Kakanwil Kalbar Kunjungi Kabinda Provinsi Kalimantan Barat

Kegiatan ini dihadiri oleh perwakilan Polda Gorontalo, Ketua Pengadilan Tinggi Gorontalo Syafrullah Sumar SH, MH., Kepala Kejaksaan Tinggi Gorontalo Jaja Subagja SH, MH., Wakil Walikota Gorontalo Ryan Kono B.Kom, Kepala BNNP Gorontalo Drs. Oneng Subroto SH, MH., Sekda Bonebolango Ishak Ntoma M.Si, Unsur Forkopimda, Kepala SKPD, Pimpinan Tinggi Pratama, Pejabat Administrator, Kepala UPT serta JFT/JFU di lingkungan Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Gorontalo.

Acara dimulai dengan penampilan Tarian oleh Warga Binaan Lembaga Pemasyarakatan Perempuan Gorontalo, dilanjutkan dengan laporan ketua panitia, Syarifuddin yang juga merupakan Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM meyampaikan peserta yang mengikuti Lomba Kadarkum Tingkat Provinsi Gorontalo Tahun 2019 ini merupakan perwakilan dari kelompok – kelompok Kadarkum yang ada di Kabupaten/Kota se-Provinsi Gorontalo.

Kemudian acara dilanjutkan dengan kata sambutan dari Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Gorontalo Agus Subandriyo, dalam sambutannya Kakanwil menyampaikan Pembangunan nasional merupakan pembangunan seluruh bidang kehidupan berbangsa, bernegara dan masyarakat.

Baca Juga: Kanwil DKI Jakarta Gelar Sosialisasi Permasalahan RUU Pemasyarakatan

Tidak ada bidang yang dapat melakukan pembangunan tanpa bersentuhan dengan bidang kehidupan lainnya. Salah satu bidang kehidupan yang dirasakan amat penting adalah Pembangunan di bidang Hukum karena setiap aktifitas dan interaksi antar manusia diatur oleh hukum.

Tanpa hukum, segala aktifitas manusia akan menjadi kacau balau karena tidak adanya ketentuan yang mengatur dan mengendalikan aktifitas tersebut. Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia memiliki posisi dan peran yang strategis dalam rangka pembangunan di bidang hukum dan mewujudkan sistem hukum nasional yang menjamin tegaknya supremasi hukum dan kepastian hukum serta Hak Asasi Manusia yang berdasarkan keadilan dan kebenaran.

Diakhir sambutannya Kakanwil juga menyampaikan kepada Kelompok Kadarkum yang menjadi utusan dari Kabupaten/Kota se-Provinsi Gorontalo, kami ucapkan Terima kasih atas partisipasinya, dan selamat mengikuti Lomba Kadarkum ini, tetaplah menjunjung tinggi nilai-nilai sportifitas.

Baca Juga: Kodam XII/TPR Siap Bersinergi dengan Kanwil Kemenkumham Kalbar

Semoga dengan Lomba ini para peserta tidak semata-mata hanya mencari kemenangan, tetapi lebih menekankan pada pemahaman tentang hukum yang berlaku di masyarakat. Kami juga mengucapkan Terima Kasih Kepada Pihak Pemerintah Daerah Kabupaten / Kota se-Provinsi Gorontalo yang telah berperan aktif dalam pembinaan kelompok-kelompok Kadarkum yang ada di wilayahnya masing-masing yang saat ini telah menjadi utusan dalam Lomba ini.

Kami juga menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada pihak POLDA Gorontalo, Pengadilan Negeri Gorontalo, BNN, Dinas Kominfo Provinsi Gorontalo, Dinas Penanaman Modal, Transmigrasi dan Tenaga kerja ESDM Provinsi Gorontalo yang telah berpartisipasi aktif sebagai Juri dalam lomba ini.