Disidak Satgas, Rutan Rangkasbitung Pastikan Green Zone

0
185
DISIDAK SATGAS, RUTAN RANGKASBITUNG PASTIKN GREEN ZONE

Rangkasbitung, NAWACITA – Disidak Satgas, Rutan Rangkasbitung pastikan Green Zone. Satuan Tugas Kemanan dan Ketertiban (Satgas Kamtib) Rumah Tahanan Negara Klas IIB Rangkasbitung melakukan inspeksi mendadak (Sidak) pemeriksaan kamar hunian Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) yang berlangsung, Sabtu (28/09) lalu.

Kepala Rutan Rangkasbitung, Aliandra Harahap menyatakan adanya kegiatan sidak Penggeledahan fisik WBP dan Kamar Hunian tersebut adalah bagian menjalankan tugas dan fungsi pencegahan sekaligus penindakan guna memastikan area tetap pada Zona Hijau.

“Rutan Rangkasbitung sudah dikenal dengan wilayah Green Zone dimana minim pelanggaran dan tidak adanya penyalahgunaan barang-barang terlarang didalam blok Hunian Rutan Rangkasbitung. Alhamdulillah waktu kita sidakpun, tidak diketemukan barang-barang seperti handphone, narkoba,” ujar Aliandra, Karutan Asal Medan.

Baca Juga: Kemenkumham Riau Gelar Lomba Kadarkum Provinsi Riau 2019

Lebih lanjut dikatakan, “Namun Tim yang dikomandani petugas-petugas terbaik tersebut tetap mengamankan barang yang dilarang berada di lingkungan Rutan Rangkasbitung seperti jarum pentol, korek gas, kartu gapleh, barang pecah belah dsb. Tapi secara umum Alhamdulillah bisa kita pastikan Rutan Rangkasbitung merupakan green zone area (wilayah yang bersih) dari barang terlarang”, ujarnya.

Hal senada juga disampaikan Adi Santo Kepala Kesatuan pengamanan Rutan, ia menyampaikan bahwa dalam sidak ini tidak hanya dilakukan oleh satgas kamtib, seluruh pegawai yang hadir juga turut membantu pelaksanannya guna memastikan tidak adanya barang berbahaya di lingkungan Rutan Rangkasbitung.

“Karena ini tugas bersama, sesuai instruksi Kepala Rutan, dimanapun ia bertugas, keamanan maupun staf, sense of security harus diterapkan oleh setiap pegawai, insyallah lingkungan kita steril. Tentu kita periksa dengan beretika, amankan barang-barang jika ada yang diluar ketentuan, dan apabila ada yang melanggar periksa dan berikan peringatan dan sanksi yang tegas”, ujar Adi sapaan Ka.KPR Rangkasbitung.

Baca Juga: Kemenkumham Raih Penghargaan BKN Award 2019

Sementara salah satu WBP sebut saja, SHW, memberikan tanggapannya usai disidak.

“Ya kita ini kan harus taat aturan ya disni, kita dibina disini, jadi sidak ini dilakukan untuk kita-kita juga, kan bisa mencegah gangguan keamanan juga, petugas pastikan wilayah streril area jadi bukan untuk mencari siapa yang salah, dan kita dukung sepenuhnya”, ujar SHW.