Kanwil Jateng Hadiri Temu Regional Komda Lansia Jawa dan Bali

0
107
Kanwil Jateng Hadiri Temu Regional Komda Lansia Jawa dan Bali

Semarang, NAWACITA – Kanwil Jateng hadiri temu regional Komda Lansia Jawa dan Bali. Mantapkan Kesiapan Menuju Kawasan Ramah Lansia menjadi tema Temu Regional Komisi Daerah Lanjut Usia (Komda Lansia) Provinsi Jawa dan Bali tahun 2019 yang digelar hari ini, (25/09).

Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Jawa Tengah melalui Kepala Bagian Program dan Humas, Budhiarso Widhyarsono, mewakili Kepala Kantor Wilayah, turut mengadiri pertemuan yang diadakan di Hotel Semesta Semarang.

Baca Juga: Sinergi BKN dan Kemenkumham dalam Konsinyering Penyelesaian Kenaikan Pangkat dan Pensiun

Sebagai pembuka, tarian berjudul Jateng Gayeng dibawakan pada pertemuan yang dihadiri peserta Komda dari Jawa, Bali, NTT, dan NTB ini. Tidak ketinggalan, grup paduan suara lansia turut menyumbangkan lagu Mars Lansia. Mars tersebut sengaja diciptakan untuk memompa semangat para lansia. Meski usia mereka sudah tidak muda lagi, namun spirit ‘muda’ tetap terpelihara.

Wakil Gubernur Jawa Tengah yang juga selaku ketua Komda Lansia Jawa Tengah, Taj Yasin Maimoen, berkesempatan memberikan sambutan sebelum secara resmi membuka kegiatan. Dalam sambutannya, Yasin mengakui sangat trenyuh dengan alunan mars dari paduan suara lansia yang membawakan Mars Lansia.

“Jujur saya sangat terenyuh, di usia yang sudah senja namun beliau-beliau tetap memiliki semangat yang luar biasa,” ujarnya mengawali sambutan.

Baca Juga: Kakanwil Kemenkumham NTT Menerima Kunjungan Wakapolda NTT

Berdasarkan data dari BPS, dari 33,36 juta jiwa penduduk Jawa Tengah, sebesar 12,59% nya adalah lansia. Untuk itu, pria asal Rembang itu mengatakan bahwa terbitnya Peraturan Daerah Nomor 6 Tahun 2014 untuk mendorong semua pihak agar ramah terhadap lansia. Tak lupa dirinya juga mengajak para hadirin untuk sama-sama menjalankan perda tersebut.

“Kita sudah berupaya kepada semua instansi di Jawa Tengah untuk ramah terhadap lansia, saya berharap Republik Indonesia kedepannya akan lebih ramah terhadap lansia,” katanya.

Untuk diketahui, para peserta Komda nantinya akan melakukan Tour City di Kota Semarang pada penutupan kegiatan, Kamis (26/09) besok.