Perwakilan 33 Desa di Kalbar Ikuti Lokakarya dan Pelatihan DPG

2
121
Perwakilan 33 Desa di Kalbar Ikuti Lokakarya dan Pelatihan DPG

Pontianak, NAWACITA – Perwakilan 33 Desa di Kalbar ikuti lokakarya dan pelatihan DPG. Mengambil tempat di ballroom Hotel Grand Mahkota Pontianak, Badan Restorasi Gambut (BRG) bekerja sama dengan Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kalimantan Barat, Lembaga Kemitraan serta Epistema Institute menggelar Kegiatan Lokakarya dan Pelatihan bagi perwakilan 33 desa peduli gambut, Selasa (24/09).

Adapun peserta dari kegiatan ini adalah perwakilan dari beberapa desa yang ada di Kabupaten Kubu Raya, Sambas dan Kayong Utara. Bertindak sebagai fasilitator adalah Penyuluh Hukum Madya Kanwil Kemenkumham Kalbar, Sri Ayu Septinawati dan Perancang Madya, Iis Sulaiha.

Baca Juga: Mendagri Minta Kepala Daerah Atasi Bencana Asap

Dengan pertimbangan dalam rangka percepatan pemulihan kawasan dan pengembalian fungsi hidrologis gambut akibat kebakaran hutan dan lahan secara khusus, sistematis, terarah, terpadu dan menyeluruh, pemerintah membentuk Badan yang akan melaksanakan kegiatan Restorasi Gambut. Atas dasar pertimbangan ini Presiden Joko Widodo pada tanggal 6 Januari 2016 telah menandatangani Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 1 Tahun 2016 tentang Badan Restorasi Gambut (BRG).

Restorasi merupakan upaya membangun kembali sesuatu yang sudah rusak parah, jadi restorasi gambut disini yaitu untuk membangun kembali ekosistem lahan gambut yang mengalami kerusakan parah ke bentuk yang lebih baik. Gambut yang kering mudah mengalami subsidence​ (penurunan) dan mudah terbakar.

Program dari BRG dalam  pengendalian dan mencegah kebakaran lahan gambut yakni menjaga agar lahan selalu dalam kondisi melalui pembasahan: 1) Pembuatan Sekat Kanal, 2) Pembuatan Sumur Bor dan 3) Pemberdayaan masyarakat disekitar kawasan. Lahan gambut merupakan suatu ekosistem spesifik yang selalu tergenang air (waterlogged) memiliki multifungsi ekonomi, pengatur hidrologi, lingkungan, budaya dan keragaman hayati.

Baca Juga: Pemprov Kalbar Ajak 3 Daerah Bangun Kerjasama

Restorasi Gambut tidak mungkin berjalan tanpa ada partisipasi masyarakat untuk mengawasi, menyelenggarakan dan mendapatkan manfaat yang adil dari kegiatan restorasi tersebut. Atas dasar itulah, BRG menyelenggarakan program dan kegiatan Desa Peduli Gambut. Program ini merupakan kerangka penyelaras bagi kegiatan-kegiatan yang terkait dengan perlindungan dan pengelolaan ekosistem gambut di tingkat desa/kelurahan serta pemberdayaan sosial dan ekonomi masyarakat.

Comments are closed.