Oktober, Tilang Elektronik Bakal Diterapkan di Tol Jakarta

0
83
Oktober, Tilang Elektronik Bakal Diterapkan di Tol Jakarta

Jakarta, NAWACITA – Oktober, tilang elektronik bakal diterapkan di tol Jakarta. Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Metro Jaya berencana untuk bekerja sama dengan PT Jasa Marga (Persero) untuk menerapkan tilang elektronik atau E-TLE (Electronic Traffic Law Enforcement) di ruas tol dalam Kota Jakarta yang dikelola oleh PT Jasa Marga pada bulan Oktober nanti.

Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Pol Yusuf menjelaskan, sejak seminggu terakhir pihaknya terus melakukan sosialisasi ke publik untuk melaksanakan penegakan hukum itu.

“Dalam seminggu ini sudah kita laksanakan. Sudah kita sampaikan bahwa adan suatu rencana seperti sekarang ini. Termasuk kita wawancara dengan hari ini. Ini termasuk salah satu sosialisasi,” katanya saat berbincang dengan Radio Republik Indonesia, Minggu (22/9/2019).

Lebih lanjut Yusuf mengatakan, pada minggu pertama bulan Oktober nanti, pihaknya akan melakukan MoU dengan pihak Jasa Marga. Setelah itu, mereka akan mulai melakukan penyetingan atas peralatan yang diperlukan dalam penegakan hukum tersebut, diantaranya memasang kamera CCTV di beberapa titik, untuk kemudian diterapkan dan dilakukan penindakan.

Baca Juga: Penjelasan Menkumham Yasonna Laoly, Terkait Tuduhan Wakil Ketua KPK

“Nanti setelah MoU itu baru nanti kita tentukan dimana-mana tempatnya. Karena ini kan kita perlu laksanakan survei dalam minggu ini di beberapa tempat, terutama tol dalam kota,” tandasnya.

Yang pasti, menurut dia, E-TLE tersebut diberlakukan untuk menjaga ketertiban berlalu lintas, keselamatan, dan ketertiban lalu lintas, terutama pelanggaran-pelanggaran yang terjadi di Jalan Tol.

“Kita membuat suatu aturan penegakan hukum tujuannya adalah untuk keselamatan bersama. Bukan hanya keselamatan dari pengemudi yang melanggar, tapi pengguna jalan lain juga harus kita perhatikan,” pungkasnya.