Lapas Perempuan Kelas IIB Sigli Gelar Pengukuhan Pramuka

1
126
Lapas Perempuan Kelas IIB Sigli Gelar Pengukuhan Pramuka

Sigli, NAWACITA – Lapas Perempuan Kelas IIB Sigli menggelar Pengukuhan Pramuka, Peresmian Pasantren Serta Peresmian Pondok Asimilasi yang dihadiri oleh Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Aceh, Bapak Lilik Sujandi, AMd.I.P.,S.I.P.,M.Si beserta rombongan.

Selain itu hadir sejumlah tamu undangan dari Polres Pidie, Dandim 0102 Pidie, Ketua Pengadilan Negeri Sigli, Kepala Kejaksaan Negeri Pidie, Kepala Disperindag Kab Pidie, Polsek Pidie, Dinas Dayah, MPU Pidie, Kemenag dan dari berbagai unsur lainnya, Kamis (19/9).

Acara dibuka dengan Pembacaan Ayat suci Al-Qur’an oleh seorang petugas Lapas Perempuan Sigli yaitu saudari Putri Nazriani.

Kemudian dilanjutkan dengan Laporan Panitia Penyelenggara yang disampaikan oleh Ibu Putranti Rahayu Bc.Ip.S.Sos. dalam laporannya Ibu Putranti Rahayu menyebutkan rangkaian kegiatan hari ini sebagai amanah/perintah dari Ibu Dirjen, kemudian beliau memperkenalkan tujuan penyelenggara hari ini adalah dibukanya hari pasar/ market day penghijauan lahan.

Kegiatan tersebut  berkesinambungan bahwa lpp saat ini sedang mewujudkan program revitalisasi pemasyarakatan yang diwujudkan dalam Pelaksanaan Pembinaan lapas maksimum, medium dan minimum security. Maka dari serangkaian program ini diharapkan dapat meningkatkan pembinaan kemandirian dan kepribadian terhadap warga binaan.

Acara dilanjutkan dengan Peresmian Pesantren An-Nisa Lembaga Pemasyarakatan Perempuan Kelas IIB Sigli, Pesantren At-Taqwa Rumah Tahanan Negara Kelas IIB Sigli, Pesantren Bustanul Fata Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Kota Bakti dengan ditanda tangani oleh Kepala Kemenag, Kepala MPU Kabupaten Pidie serta Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Aceh.

Kemudian dilaksanakan Pengukuhan Gugus Depan Pramuka Cut Nyak Dhien Lembaga Pemasyarakatan Perempuan Kelas IIB Sigli, Gugus Depan Pengayoman Rumah Tahanan Negara Kelas IIB Sigli, Gugus Depan Tgk Chik Di Tiro Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Kota Bakti yang dikukuhkan oleh Ketua kwarcab Pidie beserta anggotanya.

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Aceh, Bapak Lilik Sijandi dalam sambutanya mengutarakan harapannya agar Pemasyarakatan menjadi lebih baik kedepannya “saya tidak ingin adanya perlakuan buruk kepada warga binaan karena anda sudah menjadi satuan dari Gerakan kepanduan,’’ ucapnya.

Baca Juga: BJ Habibie Dikenal Sebagai Bapak Teknologi, Ini Prestasinya?

Acara bertambah meriah dengan adanya persembahan Yel – Yel dari setiap Unit Pelaksana Teknis Rayon Sigli dan pertunjukan Senam Semafor Bendera dari Petugas dan Warga Binaan Lapas Perempuan Sigli.

Dalam momentum ini, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Aceh juga meresmikan Pondok Asimilasi Lapas Perempuan kelas IIB Sigli yang diawali dengan pemotongan Pita dan Pelepasan bibit ikan. Acara ditutup dengan jamuan makanan dan minuman yang telah disediakan di Market Day LPP Sigli.

Comments are closed.