KPK Telah Bentuk Tim Transisi Kaji RUU KPK

1
156
KPK Telah Bentuk Tim Transisi Kaji RUU KPK
KPK Telah Bentuk Tim Transisi Kaji RUU KPK

Jakarta, NAWACITA- Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) telah membentuk tim transisi untuk mengkaji Rancangan Undang-Undang (RUU) KPK yang telah disepakati DPR dan pemerintah. Tim transisi dibentuk untuk mengantisipasi peralihan sistem dari UU lama ke yang ‎baru.

Wakil ketua Komisi Laode M Syarif mengatakan dia telah membentuk dua tim transisi untuk meninjau Komisi Hukum Revisi. Kedua tim transisi akan fokus pada status personil dan penegakan KPK di bawah undang-undang yang baru.

“Kami menyiapkan dua tim transisi yang berhubungan dengan status kepegawaian. Kedua adalah tim transisi untuk mengantisipasi kejanggalan yang ada di dalam UU KPK yang baru dari segi penindakan,” kata Syarif, di Jakarta, Jumat (20/9/19).

Ia belum mengetahui secara detail tekhnis status pegawai KPK yang akan beralih menjadi aparatur sipil Negara (ASN) sesuai poin dalam Revisi UU KPK. Namun, Syarif akan berkoordinasi dengan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi untuk membicarakan status pegawai KPK.

Baca Juga : Menpora Berharap Menteri Pengganti Dirinya Suci dan Bersih

“Itu yang akan dibicarakan detailnya dengan Kementerian PAN-RB,” ucap Syarif.

Ia menjelaskan, berdasarkan Revisi UU KPK yang telah disepakati DPR dan pemerintah, semua pegawai lembaga antirasuah nantinya menjadi ASN. Namun, pemerintah memberi waktu dua tahun untuk menyesuaikan UU KPK yang baru terkait status kepegawaian tersebut.

“Maka dari itu kita siapkan, katanya pemerintah menyiapkan waktu dua tahun untuk menyelesaikan konversi dari pegawai KPK ke ASN,” ucap Syarif.

 

Comments are closed.