Pengukuhan Satuan Operasional Kepatuhan Internal Kemenkumham Babel

0
227
Pengukuhan Satuan Operasional Kepatuhan Internal Kemenkumham Babel

Babel, NAWACITA – Kepala Kantor Wilayah, Anas Saeful Anwar mengukuhkan anggota anggota Satuan Operasional Kepatuhan Internal (SAT OPS PATNAL) Pemasyarakatan yang merupakan perwakilan dari masing masing Unit Pelaksana Teknis Kementerian Hukum dan HAM Kepulauan Bangka Belitung.

Kepala Kantor Wilayah, Anas Saeful Anwar juga memberikan amanat pasa saat pengukuhan.

“Seperti kita ketahui SAT OPS PATNAL adalah tindak lanjut dari penilaian disiplin terhadap diri kita sebagai aparatur sipil, SAT OPS PATNAL ini pertama kali dikukuhkan oleh Bapak inspektorat jenderal pada tanggal 24 April 2019 sebelum hari ulang tahun pemasyarakatan,” ujarnya.

Beliau mengatakan bahwa tugas SAT OPS PATNAL yaitu untuk menjaga para Aparatur Sipil Negara untuk disiplin terhadap ketentuan yang telah diatur dan menjadi First Warning System atau orang yang pertama memberikan peringatan terhadap pegawai yang melanggar disiplin pegawai.

Beliau juga mengatakan fungsi utama dari ASN itu adalah Pelaksana Kebijakan Publik, Pelayan Publik, Perekat dan pemersatu bangsa. Maka sudah sejatinya ASN menjadi pelayan yang bagik bagi masyarakat.

Beliau mencontohkan juga Dirjen Pemasyarakatan yang sudah level eselon I saja masih turun ke daerah, untuk menanyakan hak hak yang seharusnya didapatkan oleh Warga Binaan, seperti CB, PB, sampai dengan makanan sekalipun beliau tanyakan yang sebagai bentuk pelayanan terhadap publik.

Menteri juga pernah berkata bahwa “Dalam melayani publik ini, kita harus totalitas. Keberhasilan kita adalah bagaimana pandangan dan persepsi publik terhadap kita, walaupun kita pakai seragam seperti ini namun harus tetap melayani dengan baik”.

Di akhir sambutannya beliau mengucapkan selamat kepada anggota SAT OPS PATNAL yang telah dikukuhkan pada hari ini. Dan mudah mudahan dengan ikrar dan janji yang sudah diucapkan tadi dapat membentuk rasa tanggung jawab untuk melaksanakan tugas dengan baik.